Foto : Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo hadir pada upacara hari Pramuka.

Suaramuda.com - Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo memimpin upacara peringatan Hari Pramuka Nasional ke-62 di lapangan Sanggar Bakti Gerakan Pramuka Kwarcab Tulungagung Kecamatan Boyolangu, Selasa (29/8/2023).

Peringatan Hari Pramuka tahun 2023 ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Ini menunjukkan semangat gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia yang ada sekarang ini masih jauh dari yang diharapkan.

Bupati Maryoto Birowo dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

Wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara, terlebih saat ini menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan .

" Jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan Pramuka , khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas, oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan,"ungkapnya.

Selanjutnya, pada peringatan hari Pramuka akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional diantaranya, Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada tingkat Nasional Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega putra -putri Nasional (Musppanitra), serta musyawarah Nasional ( Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh Provinsi Aceh.

Untuk itu," Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- undang Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar gerakan Pramuka tidak tertinggal dapat mengikuti perkembangan zaman", pinta Bupati Maryoto.

Melalui perbaikan Undang - undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan gerakan Pramuka semakin berdaya dan berhasil guna. 

Hadir dalam upacara tersebut Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo di dampingi Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu, Jajaran Forkopimda, segenap OPD Kabupaten Tulungagung, Kakak - kakak pimpinan kwartir Ranting, beserta para andalan dan dewan kerja, kakak- kakak ketua Mabigus SMP Mts, SMA / SMK MA Se- Kabupaten Tulungagung, Kakak pembina Pramuka lulusan KMD Se- Kabupaten Tulungagung.(Indh).