Foto : Karang Taruna Sembadha RW 2Kelurahan Kenayan

Suaramuda.com - Karang Taruna Sembadha RW 2 Kelurahan Kenayan menggelar Festifal Seni Budaya dan Pameran Bazar Produk UMKM selama dua hari mulai tanggal 30 Agustus - 31 Agustus 2023. Bazar ini digelar dalam rangka menutup perayaan HUT Republik Indonesia ke- 78 tahun 2023.

Riyan Blangkon selaku panitia kegiatan HUT RI mengatakan, dalam pameran UMKM ini adalah hasil kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung.

Pada hari pertama ada pembukaan oleh Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo dan Kepala BNNK Tulungagung Rose Rose Iptriwulandhani dari sisi fasilitasi memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika. Karena itu penting diperhatikan untuk menciptakan lingkungan sehat bebas narkoba harus diwujudkan.

Kegiatan bazar yang diikuti 100 orang peserta UMKM di RW 2, dijadikan tempat untuk memamerkan produk produknya, mudah mudahan makin bergairah, baik usaha mereka sudah berjalan lancar atau usaha lokal.

Disebutkan,Deklarasi dari Karang Taruna Sembadha adalah sebagai komitmen "Say No to Drug" bertujuan untuk mendukung kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang didedikasikan guna meneguhkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Tulungagung Rose Iptriwulandhani mengungkapkan, narkoba adalah musuh bersama, karena dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan baik fisik maupun mental bahkan menyebabkan kematian. Penyalahgunaan narkoba dalam jangka panjang bisa merusak diri sendiri, orang lain dan keluarga.

Kegiatan Festifal seni budaya dan Bazar UMKM merupakan kegiatan positif dan membanggakan yang diselaraskan sebagai kampung anti narkoba sehingga dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dari ancaman narkoba.

" Saya berpesan, setelah pelantikan dan Deklarasi, mereka menyatakan siap menjadi pelopor anti narkoba, antiradikalisme bisa menciptakan lingkungan tempat tinggal yang produktif, sehat dan berprestasi,"ujar Rose.

Di tempat yang sama, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengapresiasi kepada para panitia atas terselenggaranya pentas seni dan bazar UMKM untuk menambah semangat hari kemerdekaan yang telah menyatu dalam berbagai aspek kehidupan. Dan kegiatan ini merupakan cerminan dari perjuangan warga di RW 2.

Festival seni budaya dan Bazar murah tersebut mengundang Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo , Dandim 0807/ Tulungagung, OPD Lingkup Pemkab Tulungagung dan BNNK Tulungagung sebagai mitra kerja, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba pada masyarakat Kelurahan Kenayan khususnya di RW 2.(Indh).