Foto : Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus menjelaskan program UHC yang segera diluncurkan.

Suaramuda.comPenjabat Bupati Kampar, Muhammad Firdaus meminta anggota DPRD untuk mendukung kebijakannya dalam menganggarkan program Universal Health Coverage (UHC).

Hal itu disampaikan oleh Muhammad Firdaus saat Rapat Paripurna MoU KUA-PPAS APBD Kampar 2024, Senin (31)7/2023).

"Mohon dukungan dari anggota Dewan program UHC  membutuhkan anggaran 12 miliar," ucap Firdaus 

"Apakah bapak ibu mau mendukung," tanya Firdaus ke para anggota dewan.

"Siap, kita dukung," jawab anggota dewan yang hadir.

Kata Firdaus, anggaran 12 miliar untuk program UHC ini hanya meng-cover hingga bulan Oktober atau selama 10 bulan.

Firdaus menjelaskan, Kabupaten Kampar sudah tertinggal dari kabupaten lain di Riau. Di mana 7 kabupaten di Riau sudah terlebih dulu menjalankan program UHC.

Kata Firdaus, sisanya masih ada 5 kabupaten yang belum melaksanakan program UHC, salah satunya adalah Kampar.

"Kita sudah ketinggalan dari 7 kabupaten lain yang sudah melaksanakan UHC ini," ucap Firdaus.

Meski mengaku mendukung, anggota DPRD dari Fraksi Golkar, Agus Candra justru mempertanyakan apakah angka 12 miliar yang disebut oleh Pj Bupati sudah valid. 

Menurut Agus, kebutuhan anggaran untuk program UHC ini lebih dari angka 12 miliar yang disebut Firduas.

"Kita sangat setuju. Tapi angkanya lebih dari 12 miliar," ujar Agus.

Iib Nursaleh meminta anggaran UHC yang dianggarkan oleh Pemkab Kampar harus meng-cover selama 12 bulan. Tidak boleh hanya 10 bulan saja. "Kita setuju. Tapi anggaran UHC harus untuk 12 bulan," pinta Iib.

Sedikit diulas, program UHC ini sudah direncanakan sejak 2022 lalu. Pendataan dan verifikasi angka warga miskin yang akan ikut dalam program ini terus di-validkan sehingga jadi proporsional.

Besaran anggaran untuk program UHC ini sempat berada di angka 60 miliar, lalu menciut jadi 30 miliar. Dengan angka sebanyak ini, keuangan Pemkab Kampar jelas tidak akan sanggup.

Setelah dilakukan verifikasi, angkanya turun jadi 16 miliar dan akhirnya sampai ke angka 12 miliar seperti yang disampaikan oleh Pj Bupati di Rapat Paripurna MoU KUA-PPAS APBD Kampar 2024 ini.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.(REDAKSI)