Foto : Paguyuban Guyub Rukun Nusantara gelar sarasehan Pondasi Spiritual Dalam Rangka Membangun Kejayaan Nusantara.

Suaramuda.com - Paguyuban Guyub Rukun Nusantara menggelar saresehan dengan tema, " Pondasi Spiritual Dalam Rangka Membangun Kejayaan Nusantara", bertempat di studio Doho TV, Jalan Mayjen Panjaitan Kota Kediri, Sabtu (12/8/2023).

Kegiatan sarasehan ini menghadirkan dua narasumber yaitu  tokoh spiritual dan pengamat Budaya Nusantara  RM.Rahadiyan Andri,SE.AK (Gus.Ryan Blangkon) dari Kabupaten Tulungagung  dan Ketua Gerakan Pengamat Pemuda Nusantara (GPN) Veri Achmad dari Kabupaten Kediri.

" Besar harapan kami dengan adanya kegiatan sarasehan ini kita bisa memahami esensi dan substansi apa itu Spiritual yang sesungguhnya dalam rangka menuju terwujudnya kembali Kejayaan Nusantara dengan landasan dasar pemahaman yang kuat tahapan aturan dasar hukum negara ini yang terkandung dalam falsafah2 Pancasila," kata Gus Riyan.

Acara tersebut  berlangsung dinamis dan interaktif,  karena  membahas budaya bangsa tidak akan habis hanya dalam satu jam, namun butuh waktu panjang untuk menemukan titik temu dalam memaknai serta mengimplementasikan kejayaan nusantara nyata (Indonesia).

Sementara itu, Ketua GPN Very Ahcmad mengungkapkan, Pancasila sebagai ideologi negara harus di aktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari bagaimana Ketuhanan yang maha Esa - keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mampu di terjemahkan oleh segenap anak bangsa dari situ kita akan menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia yang Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghofur Negara yang adil makmur di bekarkahi Allah SWT.

Diadakannya sarasehan budaya yang  sarat makna sejarah peradaban mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara yang lebih baik,  sesuai tema yang diangkat, " Sarasehan Pondasi Spiritual Dalam Rangka Membangun Kejayaan Nusantara". (Indh).