Foto : Tingkatkan Skill Pegawai, KPU Riau Latih Cara Buat Konten Menarik

Suaramuda.com - Dalam upaya meningkatkan kemampuan pegawai, KPU Provinsi Riau memberikan pelatihan membuat konten menarik tentang Pemilu Tahun 2024, Rabu (23/08/2023).

Kegiatan yang dikemas dalam Rapat Koordinasi Strategi Peningkatan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024 tersebut diikuti oleh Ketua Divisi Sosdiklih Parmas, Kasubbag Tekmas, dan Operator Media Sosial KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau.

Anggota KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, S.IP, M.Si dalam sambutannya saat pembukaan acara mengatakan bahwa penting bagi jajaran KPU untuk memahami strategi yang tepat dalam memberikan sosialisasi dan pendidikan Pemilu kepada Pemilih.

“terutama bagaimana cara menghasilkan konten menarik di platform media sosial. Karena media sosial menjadi salah satu instrument yang digunakan untuk kegiatan sosialisasi,” ujar Nugroho yang akrab disapa Nugi.

Dalam kegiatan yang digelar di Lt. 2 Gedung KPU Provinsi Riau tersebut, hadir sebagai pemateri Praktisi Media Sosial yang juga menjabat sebagai Editor Media Suara.com Regional Riau, Eko Faizin. 

Eko Faizin memaparkan bahwa media sosial merupakan saluran yang paling diminati oleh masyarakat dalam mengakses informasi. Selain mudah diakses, medsos juga tidak membutuhkan biaya yang besar. “jangkauan audiens juga luas dengan berbagai opsi publikasi yang disediakan,” ujar Eko.

Eko memberikan beberapa tips agar akun media sosial diikuti dan dijangkau oleh banyak orang antara lain konsisten dalam menayangkan konten, mengupload konten di waktu yang tepat (prime time), menyajikan konten yang menarik dan menggunakan hastag/musik-musik yang populer untuk tiktok dan reels di Instagram.
“tujuannya adalah agar akun medsos tetap relevan dalam algoritma platform dan terus muncul di beranda publik,”jelas Eko.

Selain itu hadir juga narasumber lain Fotografer dan Videografer Independen sekaligus Pimpinan CV. Siak Video Hermawan Hariadi yang memaparkan kiat-kiat membuat konten yang menarik.

“penting memperhatikan langkah-langkah pembuatan konten antara lain naskah, cara pengambilan angle atau sudut gambar, editing, hingga peralatan penunjang seperti tripod dan mikrofon,” ujar Hermawan.

Dalam kesempatan tersebut peserta rapat koordinasi juga langsung melakukan praktik mengambil video dengan beberapa kriteria yang langsung direview oleh narasumber.

Melalui rakor tersebut diharapkan akun media sosial KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau dapat lebih efektif dalam menarik perhatian dan keterlibatan audiens dalam upaya meningkatkan jumlah partisipasi Pemilu 2024 mendatang. (**)