Foto : Tradisi Pladu warga Tulungagung berburu ikan di sungai.

Suaramuda.com - Ratusan Warga melakukan aktifitas mencari ikan mabuk saat musim pladu (flusing) di Bendungan Pacar Desa Junjung, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Rabu 2 Agustus 2023.

Menjadi tradisi tahunan, dibukanya pintu air Dam yang digelontorkan keruh membuat ikan-ikan terbawa arus dan muncul kepermukaan air, sehingga dimanfaatkan warga mencari ikan di sejumlah titik, mulai dari bendungan pacar, hingga beberapa sungai yang terdampak flusing.

Juru Bangunan Lodoyo Tulungagung (BLT) tiga Kecamatan Rejotangan Sunardi mengungkapkan, kondisi ini dipengaruhi adanya kegiatan pembersihan endapan lumpur (flosing) di bendungan pacar, aliran waduk yang bercampur lumpur pekat membuat ikan ikan teler atau mabuk sehingga saat pladu arus dari dam semakin kencang.

Yang masuk Dam Pacar yaitu Sanggrahan, Junjung Kidul, Boyolangu, Kendalbulur, Tanggung, Gesikan, Pojok, dan Pelem. Jam 09.00 pagi dam sudah kita buka.

Kata Sunardi, untuk prosesnya satu pintu di tunggu setengah jam, selanjutnya di buka lagi setengah jam berselang bisa mencapai 4 pintu. Dan masing masing 4 pintu ini jika kedaan darurat terlebih musim penghujan masing masing pintu dibuka butuh waktu sekitar 25 menit, karena debit semakin besar maka tekanan air untuk mengangkat juga berat. Bersyukur dari balai Brantas Jombang mendapat bantuan pintu bendung.

Berburu ikan mabuk dengan bekal jala atau jaring di sepanjang sungai saluran pembuang Kalidawir warga banyak mendapatkan berbagai jenis ikan diantaranya, ikan nila, gurami, betik, bader bang, cane, keting dan udang.

Salah satunya Wahyu pencari ikan dari Desa Karangtalun rutin mencari ikan mabuk tiap ada pladu, hasilnya lumayan banyak dapat bader bang dan betik. "Tadi jam 9 sudah turun di sungai, namun sebelum menjaring saya menjajaki kedalaman sungai dulu, karena dibawah arusnya sangat kencang dari biasanya. kalau aman ya harus sampai ke tengah. Mudah mudahan kedepannya ikannya tetap melimpah agar warga pencari ikan diberi kemudahan," ujarnya. (Indh).