Foto : Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo pada acara pengukuhan FKUB dan FKDM di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso

Suaramuda.com - Pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) masa bhakti 2023-2028, oleh Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo di dihadiri Ketua FKUB H.Soim, Sekretaris FKUB Eko Siswanto dan Bendahara FKUB Mihayatus Solihan, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Selasa ( 19/9/2023).

Setelah pelantikan oleh Bupati Maryoto Birowo dilanjutkan Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Masa Bhakti 2021-2026.

Seperti dikatakan Ketua FKUB Kabupaten Tulungagung DR. H. Soim, M.Pd.I, memohon bimbingan dan arahan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab serta mampu membawa perdamaian dan keharmonisan Kabupaten Tulungagung ke arah yang lebih baik lagi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Ketua FKDM H. Heri Widodo, S.H., M.H, " Kami mohon bimbingan dan arahan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab serta mampu membawa FKDM menjadi lebih baik lagi,"pintanya

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo mengatakan, tujuan dibentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah sebagai wadah kerukunan antar umat beragama.

Dikukuhkannya FKUB & FKDM Kabupaten Tulungagung ini memiliki tugas yang berat yakni mampu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa ini, khususnya antar umat beragama & bermasyarakat di Kab. Tulungagung.

Maka demikian, Pengurus FKUB dan FKDM yang telah dikukuhkan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab serta mampu membawa perdamaian dan keharmonian, ke arah yang lebih baik ditengah keberagaman agama dan juga kepercayaan yang dianut di masyarakat.

Kepada yang dilantik, Bupati Maryoto berharap, jajaran FKUB dan FKDM untuk berperan aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang. 

" Mampu mencegah konflik, karena potensi-potensi kerawanan menjelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 bisa saja terjadi jika penyelenggara Pemilu tidak membangun kerja sama baik dengan FKUB dan FKDM, sebab sebagian besar masalah itu di timbulkan dari faktor luar Pemilu itu sendiri,''ungkap Bupati. ( Indh)