Foto : Matangkan Persiapan MTQ ke-41 Riau, Pj Sekda Kampar Pimpin Rapat Pematangan

Suaramuda.com - Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Ramlah, M.Si melakukan Rapat Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Inhu Kota Rengat, yang digelar di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar, Senin (23/10/2023).

Rapat ini di Pimpin Oleh Pj Sekda Kampar Ramlah, M.Si didampingi oleh Asisten I Setda Kampar Ahmad Yuzar, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kampar H. Yurmailis Saruji, SE, Kabag OPS Polres Kampar Kompol Maitertika, Kakan Kemenag Kampar Fuadi Ahmad, Kabag Kesra Setda Kampar Yurnalis dan diikuti oleh Seluruh Kepala OPD dan Camat Se Kabupaten Kampar.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-41 ini digelar di Kota Rengat yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2023.

Dalam laporannya, Asisten I Ahmad Yuzar mengatakan bahwa dalam rangka Persiapan MTQ di Kabupaten Indragiri Hulu ini Kabupaten Kampar perlu persiapan, persiapan tersebut sudah terrealisasikan dari sekarang dari Penyambutan Kafilah hari Jum’at tanggal 10 November 2023 dan kemudian hari Sabtu tanggal 11 November 2023 jam 11.00 akan dilaksanakn Pawai Ta’aruf yang mana Kabupaten Kampar tampil di nomor urut 04.

Selanjutnya, Bazar dan pemeran dibuka juga hari Sabtu pukul 13.00 tempat di Astaqa Utama MTQ dengan urutan bazar nomor 12.

Kemudian Asisten I Ahmad Yuzar juga melaporkan Jumlah Qori dan Qoriah serta pendamping sebanyak 67 Orang, Official dan Pelatih sebanyak 27 orang dengan cabang lomba sebanyak 9 cabang yaitu Tilawah, Tafsir, Fahmil, syarhil, Khattil, Hifhzil, Hadist, KTIQ dan Barzanji.

Untuk itu, Perlu hal hal lain yang perlu kita persiapkan dari sekarang karena tinggal 15 Hari lagi dan apa yang penting dari awal sampai akhir kita akan persiapkan lebih optimal sehingga Kabupaten Kampar menjadi yang terbaik.

Dalam arahannya, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, yang diwakili oleh Pj Sekda Kampr Ramlah, menjelaskan bahwa Persiapan sebelum pergi harus dimatangkan, karena melihat kebelakang tahun 2019 kita adalah juara Umum MTQ dan tahun 2023 ini harus kita pertahankan dan harus ditingkatkan.

“Untuk itu, saya berharap pesiapan ini harus sangat matang sehingga Kabupaten Kampar menjadi yang terdepan dari Kabupaten lainnya,"jelasnya.

Pj Sekda Kampar juga tegaskan Kepada Seluruh Panitia karna waktu tanggal 15 Hari lagi untuk segera melakukan pematangan Kepada Para Peserta MTQ kita, Pematangan Stand, Bazar serta Pawainya, Karena ini sangat penting supaya kita tidak keteteran disana.

Ia juga menambahkan, sesuai dengan laporan dari Dinas PUPR bahwa Astaka MTQ Kabupaten Kampar sudah disign sebagus mungkin dengan mengkombinasikan Adat dan Budaya Islami sesuai dengan Icone Kampar Serambi Mekkahnya Riau.

“Saya yakin dan percaya, dengan kerja sama yang baik dan sinergitas seluruh pihak terkait, pelaksanaan MTQ di Rengat dapat berjalan sukses sehingga Kabupaten Kampar dapat Menjadi Juara,"ujarnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kampar H. Muhammad Firdaus SE menyatakan sebelum keberangkatan ini, persiapan terus kita lakukan terutama mempersiapkan Kafilah Kampar dalam mengikuti berbagai cabang yang dilombakan, kita tentunya juga akan melakukan Training Centre.. Harapan kita tentunya akan dapat tampil sebaik mungkin dan memberikan prestasi bagi Kafilah Kabupaten Kampar. (ADVETORIAL)