Foto : PD IKA UNRI Kampar dikukuhkan, UNRI MoA dengan SMA sederajat di Kampar

Suaramuda.com - Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (PP IKA UNRI) kukuhkan (melantik) Pengurus Daerah Ikatan Alumni Universitas Riau (PD IKA UNRI) Kabupaten Kampar, periode 2022-2026, yang dilaksanakan di Balai Bupati Kampar, Sabtu, 14 Oktober 2023. 

PD IKA UNRI Kabupaten Kampar yang di nakhodai oleh Drs. H. Yusri, M.Si ini, dilantik oleh Ketua Harian PP IKA UNRI Dr. Elfizar, S.Si, M.Kom. Hadir pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Kampar yang diwakili Pj. Sekda Kampar Ramlah, SE, M.Si, Wakil Rektor III Universitas Riau Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Hermandra, S.Pd., Ketua IKA Universitas Riau Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau, para pengurus Pusat IKA UNRI, penasehat dan Dewan Pakar PD IKA UNRI Kabupaten Kampar, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) antara Universitas Riau dengan 11 SMA sederajat di Kabupaten Kampar. Salah satu bentuk kerjasama ini adalah membuka peluang kepada siswa-siswi tamatan SMA sederajat di Kabupaten Kampar untuk melanjutkan studi di Universitas Riau terutama jurusan favorit seperti jurusan kedokteran.

Ketua panitia pengukuhan Dr. Hj. Molli Wahyuni, S.Si, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pengurus PD IKA UNRI Kabupaten Kampar yang dikukuhkan saat ini merupakan pengurus yang sudah terbentuk sejak satu tahun lalu. Namun karena ada beberapa hal maka pengukuhan baru bisa dilaksanakan saat ini. 

Atas nama panitia, Molli menyampaikan ucapan terimakasih kepada Civitas akademika Universitas Riau yang quick respon dalam menanggapi permintaan PD IKA UNRI Kabupaten Kampar untuk menerima permohonan MoA SMA sederajat di Kabupaten Kampar dan terimakasih juga disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pengukuhan PD IKA UNRI Kabupaten Kampar periode 2023-2026.

Ketua PD IKA UNRI Kabupaten Kampar Drs. H. Yusri, MSi menyampaikan bahwa PD IKA UNRI Kampar akan terus berbenah dan menggali potensi diri serta berupaya untuk memberikan kontribusi kepada anggota dan Pemerintah Kabupaten Kampar. Penandatangan MoA antara UNRI dengan SMA sederajat yang dilakukan saat ini adalah salah satu upaya yang dilakukan IKA UNRI Kabupaten Kampar dalam membantu anak-anak Kabupaten Kampar untuk melanjutkan studi di Universitas Riau.

Yusri menjelaskan bahwa jumlah alumni Universitas Riau di Kabupaten Kampar cukup banyak dengan profesi yang beragam. Bahkan untuk ASN di Pemerintahan Kabupaten hampir 60 % adalah alumni Universitas Riau. "Ini adalah potensi besar yang patut kita kembangkan," ujar Yusri.

Ketua Harian PP IKA Universitas Riau Dr. Elfizar, S.Si, M.Kom menyampaikan bahwa pelantikan PD IKA Universitas Riau Kabupaten Kampar merupakan yang ke tujuh di Riau, dan menyusul dalam waktu dekat dua Kabupaten Kota di Riau yang akan dikukuhkan.

Elfizar mengharapkan agar pengurus IKA UNRI Kabupaten Kampar terus menjaga kekompakan dan jangan saling menjatuhkan. "Mari kita bersama memberikan kemajuan kepada daerah, bersaing boleh tapi jangan saling menjatuhkan," ujar Elfizar.

Wakil Rektor III Universitas Riau Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Hermandra, S.Pd., pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada IKA UNRI yang telah dikukuhkan di Kabupaten Kampar. Ia mengharapkan alumni Universitas Riau menjadi garda terdepan untuk memajukan masyarakat. "Bapak Ibu para alumni Universitas Riau menjadi pioner untuk promosi Unri di tengah masyakarat," ujarnya.

Menurut Hermandra banyak hal yang bisa dikembangkan oleh pengurus. "Kalau terbentur ide, kita (UNRI) memiliki banyak SDM," akuinya.

Saat ini Universitas Riau memiliki 1.280 orang dosen, 800 Staf, 112 orang Profesor, 109 program studi SI, 30 Prodi S2 dan 6 Prodi S3 dengan mahasiswa aktif sebanyak 36.000 orang. Kemudian sejak Universitas Riau berdiri 61 tahun lalu sampai saat ini sudah tercatat 120.000 alumni Universitas Riau.

Sementara itu PJ Bupati Kampar yang diwakili PJ Sekda Kampar Ramlah, SE, MSi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung keberadaan IKA Universitas Riau Kabupaten Kampar.

 Ia mengharapkan para alumni dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kampar kedepan yang lebih baik. (Herman Jhoni)