Foto : Pemkab Tulungagung Gelar Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda.

Suaramuda.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di halaman Pemkab, Sabtu (28/10/2023)

Upacara bendera tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno dihadiri oleh Forkopimda, kepala OPD, TNI- Polri, dan organisasi Masyarakat (Ormas).

Dalam sambutannya Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mengatakan, peringatan hari Sumpah Pemuda mengandung makna bahwasannya para pemuda pada tahun 1928 lalu telah menorehkan sejarah penting bagi bangsa Indonesia.

Dengan Sumpah Pemuda, Indonesia meyakini bahwa sebetulnya kita terdiri dari berbagai suku, bahasa dan kebudayaan yang kemudian oleh para pemuda waktu itu diikrarkan melalui sumpah pemuda, disatukan dan diakui bahwa Bangsa Indonesia mempunyai bahasa satu punya negara satu yaitu Negara Republik Indonesia.

"di era saat ini pemuda sudah banyak diberikan kesempatan berkarir baik dilingkungan birokrasi, perusahaan, atau di BUMN milik daerah meliputi semua sektor,"kata Heru.

Kata dia, Jika dilihat dari tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini “Bersama Memajukan Indonesia”, maka kata kolaborasi adalah menjadi hal yang sangat penting.

Artinya, kolaborasi dengan semuanya, maka generasi terdahulu atau sekarang yaitu pemuda dengan instasi pemerintah, swasta, media bahkan semua komponen.

Kata kolaborasi adalah kata kunci untuk memajukan Indonesia. ini sesuai dengan tujuan bangsa kita menuju Indonesia Emas yakni tahun 2045.

Terkait aktivitas pemuda, lanjut Heru Suseno, bahwa peran pemuda di Tulungagung sangat luar biasa dalam menciptakan berbagai kegiatan positif.

“Aktivitas mereka sangat luar biasa, banyak kegiatan positif dilakukan oleh para generasi muda kedepannya untuk memperbanyak kegiatan dan diinisiasi oleh pemuda,"sebutnya. (Indh).