Foto : Pengukuhan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Tulungagung, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso

Suaramuda.com - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno melaksanakan pengukuhan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tulungagung masa Bhakti 2022- 2026, Jumat (20/10/2023) di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jumat (20/10/2023).

" Melalui momentum ini, DMI bersinergi dengan pemerintah daerah sudah bisa melaksanakan tugas organisasinya dengan baik, dan memberi dukungan terhadap upaya untuk memakmurkan masjid dan membenahi masjid,"ucapnya.

Pj Bupati berharap, DMI dapat menghidupkan semangat dan gotong royong ditengah masyarakat, yang mampu mempererat rasa kesatuan, kebersamaan, dan persatuan dalam membangun daerah Kabupaten Tulungagung. 

Di samping itu, Pj Bupati Heru Suseno mengajak para ulama, tokoh masyarakat, para intelektual, beserta seluruh jajaran pemerintahan, beserta segenap komponen masyarakat untuk ikut bersama-sama membangun Kabupaten Tulungagung dengan penuh keikhlasan, kejujuran, dan rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan generasi yang akan datang. 

Sementara itu, H. Ahmad Budianto mengatakan, keberadaan DMI di Kabupaten Tulungagung dapat membantu Kemenag ( Kementrian Agama), khususnya dalam pembinaan Masjid. " bagaimana masjid itu bisa diramaikan untuk kegiatan ibadah, ekonomi masyarakat dan sosial,"ujarnya.

Menurut Budianto, Program pokok yaitu fokus memakmurkan masjid bertujuan agar masyarakat meningkatkan sholat jamaahnya, dan kegiatan sosialnya. 

Untuk diketahui, bahwa jamaah juga menjadi perhatian, seperti santunan dan dalam berkegiatan uang masjid, jangan sampai hanya jariah, tapi ada sodhakoh, infak untuk umat." Misalnya ada yang sakit dibantu, ada kegiatan ekonomi dibantu. Jadi Masjid tidak hanya untuk ibadah sholat, karena multi kegiatan,"ucapnya.

Budianto menyampaikan, setiap tahun ada tunjangan uang kehormatan yang diberikan sebanyak 375 imam masjid atas pengabdian memakmurkan masjid. Dan masing masing imam masjid menerima uang kehormatan sebesar Rp 2.500 melalui rekening. (Indh).