Foto : PPI Riau Hadiri Apel Siaga Mantab Brata Dan Sispamkota Polda Riau

Suaramuda.com - Perhimpunan Pemilih Indonesia (Indonesian Voters Association) Provinsi Riau menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dan Simulasi Sispamkota yang dilaksanakan oleh Polda Riau di Jalan Gajahmada Pekanbaru pada hari Selasa (17/10/2023).

Apel Siaga dipimpin langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal. Sispamkota atau sistem pengamanan kota ini yang didepan adalah Polri dan TNI, tetapi keberhasilannya adalah bagaimana seluruh stakeholder dapat berperan, sehingga Sispamkota ini berjalan aman, baik, dan kondusif.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal sampaikan simulasi Sispamkota dipusatkan di Jalan Gaja Mada Pekanbaru disebabkan oleh 2 alasan yaitu untuk membiasakan pihaknya kepada kondisi real dilapangan. Lalu, sebutnya, agar dapat mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

"Kami memutuskan pusat latihan dilakukan di Jalan Gajah Mada ini karena ada 2 pendekatan argumentasi. Pertama, seluruh stakeholder itu terbiasa dengan situasi yang sebenarnya, situasi hiruk pikuk, situasi damai dan berada di tenga kota. Maka, apabila ada kontijensi maka kita akan terbiasa. Kedua, sekaligus mengedukasi masyarakat. Ketika ada keadaan yang mengarah kepada kontijensi, ketidak teraturan, maka masyarakat harus punya sense of crisis agar semua masyarakat yang ada di 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau terbiasa," imbuhnya.

Masih di lokasi apel, perwakilan PPI Provinsi Riau menyampaikan bahwa “Dengan waktu yang semakin mendekat hari pencoblosan dan suhu politik yang kian memanas, maka saat ini sangat diperlukan kesiapsiagaan pengamanan pemilu agar situasi dan kondisi masyarakat dan daerah di Riau tetap dalam keadaan yang aman, tertib, terjaga dan kondusif,” kata Witra Yeni.  

Witra Yeni yang merupakan Koordinator Partisipasi Masyarakat PPI Provinsi Riau menyampaikan pesan kepada semua pihak agar menjaga dan mengawal tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, sehingga terlaksana sukses dengan asas yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil (luber jurdil). 

Selanjutnya kita harus siap siaga dalam situasi dan kondisi apapun, mau dan mampu bekerja sama dan berkoordinasi antar semua elemen masyarakat. “kita harus siap siaga dalam situasi dan kondisi apapun, mau dan mampu bekerja sama dan berkoordinasi antar semua elemen masyarakat” tutur Witra yang juga mantan anggota Bawaslu Kampar.(**)