Foto : Prof Dr H Khairunnas Rajab MAg, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suaramuda.com - Prof Dr H Khairunnas Rajab MAg, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sekaligus Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah XII menghadiri pelaksanaan wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau. Wisudah STIQ ke-7 ini dilaksanakan pada Hari Rabu (18/10/2023) di Ballroom Hotel Aston dan Residence Batam, Kepualau Riau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani STP MT, Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Wilayah XII Riau dan Kepulauan Riau, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad SE MM, Bupati dan Walikota se Provinsi Kepulauan Riau, tamu undangan dari berbagai institusi, serta orang tua wisudawan dan wisudawati.

Dalam sambutannya, Prof Dr Khairunnas Rajab mengatakan bahwa wisuda merupakan kegiatan peneguhan atau pelantikan bagi invidual yang telah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang sudah lulus karena merupakan rangkaian kegiatan yang menandai telah berakhirnya proses perkuliahan.

”Wisuda adalah sebuah upacara simbolis yang menandai pencapaian mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan sarjana mereka. Selain itu, wisuda juga merupakan momen penting di mana lulusan mengumumkan dirinya kepada pihak-pihak terkait, yang akan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang mereka peroleh. Setelah itu, mereka dapat mulai bekerja sesuai dengan bidang studi dan profesinya masing-masing,” kata Prof Dr Khairunnas Rajab Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 

Wisuda merupakan momen terbaik bagi kampus untuk menyampaikan beragam pencapaian yang telah diraih, sehingga pada saat tersebut pimpinan sejatinya dapat memaparkan apa saja yang telah dicapai, bagaimana upaya yang dilakukan, dan ke depannya apalagi yang akan dilakukan. ”Kita sangat bangga dengan kerja keras para pimpinan STIQ yang dinakhodai oleh Prof Dr KH Said Agil Husin Al Munawar MA, apalagi dengan adanya penambahan program studi baru, Pendidikan Agama Islam, bisa menjadi barometer pertumbuhan STIQ untuk masa kini dan nanti” sebut Prof Dr Khairunnas Rajab.

Prof Dr Khairunnas Rajab, Ketua Koordinator KOPERTAIS Wilayah XII, perlu mendorong komunitas akademik di STIQ Kepulauan Riau untuk terus meningkatkan kualitas dan menjaga kompetitivitas dengan institusi swasta lain, baik di Batam maupun di luar daerah.Beliau menekankan bahwa sebuah perguruan tinggi yang berkualitas ditandai oleh dinamika, kerja sama antara mahasiswa, dosen, dan staf, serta menciptakan lingkungan yang aman dan damai. Dinamika ini tercermin dalam partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan akademik dan sosial, yang menciptakan lingkungan pembelajaran yang menginspirasi.

Keselarasan antara semua elemen kampus, mulai dari fakultas hingga mahasiswa, adalah kunci kesuksesan dalam mengembangkan perguruan tinggi yang berkembang pesat dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Selain itu, sebuah kampus yang menyediakan lingkungan yang aman dan damai akan menciptakan rasa nyaman bagi semua penghuninya, mendukung pertumbuhan intelektual, dan menciptakan suasana yang ideal untuk pembelajaran dan inovasi. (Sadarman).