Foto : Jelang Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Kampar, ini tanggapan DPD BAPERA Kabupaten Kampar

Suaramuda.com - Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara Kabupaten Kampar (BAPERA) Asynin Pardomuan menyebut, Pemerintah Kabupaten Kampar telah mengambil langkah progresif dengan melaksanakan asesmen untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) dan sepuluh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kampar.

"Menurut surat seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dilingkungan pemerintah Kabupaten Kampar 2023, nomor surat : 001/PANSEL-JPTP/KPR/2023 yang ditandatangani Panitia Seleksi M.Yafis, SE.MM, Langkah ini diambil untuk mengidentifikasi kompetensi dan potensi kepemimpinan guna memastikan bahwa jabatan tersebut diisi oleh individu yang berkualitas dan mampu mengemban tugas dengan baik," ungkapnya.

Lanjut Asynij, Asesmen jabatan merupakan metode yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan, pengetahuan, keterampilan, serta potensi pengembangan individu dalam menghadapi tuntutan pekerjaan. Langkah ini diperlukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja birokrasi, terutama pada posisi-posisi kunci seperti Sekretaris Daerah dan Kepala OPD.

Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara Kabupaten Kampar ( Bapera ) Asynin Pardomuan, menyikapi ini jelang pelantikan jabatan tersebut kedalam beberapa poin untuk posisi sekretaris daerah dan kepala OPD terpilih, yaitu: 

1. Sekda dan Kepala OPD yang terpilih adalah wadah pemersatu dan _Work booster effect_ ASN pemkab Kampar, sehingga prestasi dan kapabilitas kerja meningkat dengan harapan menambah kreatifitas, kapabilitas serta sinergisitas ASN dilingkup pemkab Kampar, Mengingat sumber daya PAD di kabupaten Kampar melimpah dan memerlukan kreatifitas, kapabilitas dan sinergisitas dalam mengelolanya, sebagai salah satu solusi alternatif pembiayaan pembangunan daerah yang semakin besar. 

2. Mampu menetapkan Standar Pelayanan Minimum terintegrasi secara digital pada sistem administrasi, birokrasi dan pelayanan publik di pemerintah daerah kabupaten Kampar sehingga lebih efektif dan efisien dlm melakukan Tugas pokok dan fungsi pemkab dalam melakukan pembangunan dan pelayanan publik. 

3. Mengerti dan paham arah RPJMD kabupaten Kampar berdasarkan potensi dan kebutuhan daerah selaku sekretaris Daerah dan ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) bekerja sama dengan Kepala OPD sebagai Pengguna Anggaran.

4. Sekda dan kepala OPD terpilih Memiliki karakter solutif serta dapat melakukan terobosan baru dalam menciptakan dan memberikan ruang partisipasi aktif kepada masyarakat, untuk berkontribusi dalam membantu percepatan pembangunan kabupaten Kampar kedepan. 

Dikatakan Asynin, Dan Dengan dilaksanakannya asesmen jabatan untuk Sekda dan 10 Kepala OPD ini, harapannya ini menjadi wadah penyegaran dengan tersalurkannya energi baru Pemkab Kampar dalam posisi strategis yang berkomitmen untuk menghadirkan birokrasi yang profesional dan berkinerja tinggi, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kampar.

" dan DPD Bapera Kampar sebagai salah satu ormas pemuda akan kawal ini sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif pemuda dalam pembangunan daerah kedepan, dan kita yakin semua point diatas dimiliki oleh pejabat yang akan menempati posisi tersebut, karena jika lupa, maka kewajiban kita semua untuk mengingatkan," kata Asynin. (**)