Foto : Pj Bupati Heru Suseno beri ucapan selamat ke Ketua APTI DPC Tulungagung Nurhadi Petani Tembakau di Kecamatan Pakel.

Suaramuda.com - Ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang cukup melimpah, para petani tembakau di Kabupaten Tulungagung yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menggelar acara selamatan di taman wisata Plumpung, Desa Gesikan, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dalam sambutannya, Hari ini petani tembakau yang diprakarsai oleh APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) menggelar tasyakuran atas apa yang dicapai dalam budidaya tembakau.

" Dengan hasil yang meningkat , para petani tembakau senang karena hasil panen tembakaunya bagus dan harga tembakau di pasar lumayan tinggi , meskipun pada awal tanam mengalami hambatan karena cuaca," kata Heru Kamis (30/11/2023).

Dalam keberhasilan tani tembakau, tak lain dibutuhkan kerja keras dan modal yang cukup juga ketangguhan dari petani, mengingat tanaman tembakau sangat riskan terhadap cuaca khususnya curah hujan yang menyebabkan gagal panen.

Keberhasilan petani tembakau tahun ini perlu disyukuri mengingat data luas areal tembakau di Tulungagung tahun 2023 yaitu 1017 hektare dengan produktifitas 1.632,285 ton, sehingga harga jual tembakau antara Rp.75.000,- Rp 125.000,- sedangkan pada tahun lalu hampir 70 persen petani tembakau yang ada di Tulungagung mengalami gagal panen karena banjir. (Indh).