Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno ( tengah) mendatangi stand pertanian.

Suaramuda.com - Penjabat Bupati Tulungagung Heru Suseno membuka pameran produk unggulan pertanian yang di gelar selama tiga hari, mulai tanggal 2 Nompember sampai 4 Nopember 2023, di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Dikatakan Bupati, Kabupaten Tulungagung memiliki potensi unggulan pertanian dari berbagai wilayah agar dapat dikenal masyarakat luas, yang dikemas dalam bentuk pameran produk unggulan pertanian yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian bersama balai penyuluhan pertanian (BPP) Se- Kabupaten Tulungagung.

Berbagai komoditas pertanian yaitu tanaman pangan, holtikultura dan komoditas perkebunan merupakan komoditas pertanian yang penting bagi Indonesia khususnya untuk Kabupaten Tulungagung. Karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Adapun komoditas tanaman pangan itu meliputi, tanaman sayuran, biofarmaka, buah dan tanaman hias. Dari komoditas perkebunan terdiri dari tanaman semusim dan tanaman tahunan.

"Dari semua komoditas pertanian dikemas dengan baik untuk dihadirkan dalam pameran produk unggulan pertanian, agar masyarakat luas tahu dan mau untuk memanfaatkan produk petani, sehingga tercipta alur komunitas dari petani untuk masyarakat", ujar Heru Suseno.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menyampaikan, adanya pameran produk unggulan pertanian merupakan wadah bagi para petani untuk bisa memasarkan produk unggulan yang ada di wilayah masing masing.

Disebutkan, Dinas Pertanian bekerjasama dengan balai penyuluh pertanian ( BPP), " jadi baru pertama kali mengadakan pameran produk unggulan pertanian, masuk dalam penilaian yaitu isian stand, penataan stand, dan inovasi dari masing masing BPP untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Tulungagung.

Melalui pameran produk unggulan pertanian ini diharapkan dapat mengenalkan semua produk unggulan ditiap masing masing wilayah pada masyarakat Tulungagung sebagai ajang komunikasi para petani dengan petugas teknis kecamatan dan oerigad teknis kabupaten. (Indh).