Foto : SMPN 5 Tulungagung Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.

Suaramuda.com - Peringatan hari besar Guru Nasional adalah untuk memperingati jasa para guru di Indonesia khususnya di Kabupaten Tulungagung, menjadi penghormatan sekaligus apresiasi kepada guru yang telah mendidik, membimbing, dan mengajar peserta didik.

Kepala Sekolah SMPN 5 Tulungagung, Nurhamid, S.Pd mengungkapkan, Guru harus terus mengasah diri belajar sepanjang hayat dan mampu mewujudkan merdeka belajar dengan pembelajaran yang berpusat pada murid menuju tercapainya profil pelajar Pancasila guna menyiapkan generasi emas Indonesia .

Peringatan Hari Guru Nasional 2023 dengan tema, " Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar", mengartikan semangat perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan, selaras dengan implementasi konsep merdeka belajar menjadi fokus utama reformasi pendidikan.

"Murit mampu mengenali diri sendiri dan mengembangkan kemampuan sesuai dengan potensi yang ada dalam dirinya, serta membentuk watak berperilaku yang bermartabat menuju profil sejarah Pancasila," katanya, Sabtu (25/11).

Lanjut Nurhamid, Sebagai kepala sekolah, saya ingin mengembangkan potensi siswa dan membangun nilai nasionalisme pada diri siswa. Pendidik itu tidak sekedar menyampaikan pengetahuan, akan tetapi mampu memberikan tauladan dalam membangun semangat siswa, menjadikan sekolah nyaman bagi mereka. (Indh)