Foto : Kasdim 0807/ Tulungagung  Mayor Inf Zuhal Mohammad Hasan

Suaramuda.com - Kodim 0807/ Tulungagung menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 di halaman Makodim setempat, Dengan tema "Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia", Selasa ( 19/12/2023).

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kasdim 0807/ Tulungagung Mayor Inf Zuhal Mohammad Hasan Dan Komandan upacara dijabat oleh Lettu Inf Wawan Handaru. 

Dalam amanatnya, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Mayor Inf Zuhal Mohammad Hasan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Hari Bela Negara merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

"Tantangan kedepan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata," ungkapnya.

Kata Inf Zuhal, Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

"Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutukuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat," ujarnya.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan Inf Zuhal.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Kasdim 0807/ Tulungagung Mayor Inf Zuhal Mohammad Hasan juga menyebut, netralitas TNI menjelang Pemilu 2024 mendatang, "selama ini TNI sudah menjaga netralitas sesuai Undang Undang dan mampu menjalankan perannya dengan baik, namun demikian ia tetap mengingatkan untuk tetap waspada," ucapnya. (Indh).