Foto : Ketua IKAPD Kabupaten Kampar terpilih, Hanafiah.

Suaramuda.com - Ketua Ikatan Alumni Pesantren Darussalam (IKAPD) Kabupaten Kampar Hanafiah menyebut persiapan pelantikan pengurus baru pada Sabtu (2/12/2023) di gedung Mahligai Bungsu Bangkinang Kota telah mencapai hampir seratus persen.

"Persiapan hampir sempurna. Hampir seratus persen," ujar Hanafiah pada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Politisi yang ramai didukung jadi calon Wakil Bupati Kampar itu menyebut acara akbar ini akan turut dihadiri oleh Pejabat Bupati Kampar, Muhammad Firdaus. "Insyaallah Pj Bupati kita akan hadir bersama kita di Mahligai Bungsu," imbuhnya.

Hanafiah juga mengatakan acara ini selain beragenda pelantikan pengurus baru juga akan diisi oleh reuni akbar alumni Pesantren Darussalam, Saran Kabun.

Menurut Hanafiah, Pesantren Darussalam Kabun dulunya berada di Batubersurat di XIII Koto Kampar sebelum pindah ke Saran Kabun, Rokan Hulu.

"Pesantren Darussalam telah berusia 60 tahun dalam bentuk lembaga pendidikan formal. Mungkin untuk lembaga non formal berupa pengajian pengajian, tentu sudah jauh lebih lama," ungkap Hanafiah.

Oleh karena itu, kata Hanafiah, dengan perjalanan panjang lembaga pendidikan Darussalam ini, sudah banyak mencetak alumni yang tersebar di berbagai daerah. Terutama alumninya sangat banyak tersebar di wilayah Kabupaten Kampar. 

"Di wadah IKAPD inilah kita bersilaturrahmi, temu kangen membicarakan kondisi umat dan masyarakat. Walaupun kecil, tapi kita bisa berkontribusi untuk masyarakat terutama masyarakat di sekitar kampung alumni-alumni kita," ucapnya.

Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Kampar itu mengungkapkan, akan ada ribuan alumni yang akan hadir dan berkumpul di Mahligai Bungsu yang berasal dari seantero wilayah Kabupaten Kampar. 

"Hingga per hari ini, sudah ada ribuan alumni yang sudah mengonfirmasi kehadiran Sabtu besok. Mereka berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar," ucap anggota DPRD Kampar dari Dapil 2 tersebut. (NAZ)