Foto : Kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di Pemkab Tulungagung.

Suaramuda.com - Polres Tulungagung menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Kesiapan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi, di halaman Pemkab Tulungagung, Rabu (6/12/2023).

Kegiatan ini dimaksudkan  sebagai upaya bentuk kesiapan menghadapi potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Dalam amanatnya Kapolres Tulungagung Teuku Arsya Khadafi, S.I.K., S.H., M.Si. mengatakan, tujuan dilaksanakan  apel gelar pasukan ini adalah untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan peralatan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian atas bahaya bencana alam, mengingat kondisi geografis, geologis, dan topografi kabupaten Tulungagung yang berbeda-beda antara lain dataran pegunungan, persawahan, dan pantai yang rentan dengan gangguan alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Meningkatnya intensitas bencana alam hidrometeorologi, karena dipengaruhi beberapa faktor seperti meningkatnya jumlah penduduk urbanisasi degradasi lingkungan dan pengaruh perubahan iklim global tidak bisa dipungkiri.

" Intensitas dan kompleksitas bencana di era modern ini telah menimbulkan korban jiwa kerusakan dan kerugian  besar serta sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas, baik untuk keberlangsungan dunia usaha dan mata pencaharian masyarakat serta pembangunan nasional," ungkap Kapolres.

Pada kesempatan ini, diharapkan  partisipasi aktif  oleh semua pihak mulai jajaran forkopimda, furkopincam, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, relawan, wirausaha, dan tenaga kesehatan agar terus meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik di mana hal tersebut haruslah diprioritaskan agar tercapai kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal. (Indh).