Foto : Waspadai hujan deras disertai angin kencang warga di minta  hati hati d jalanan melewati pohon pohon besar

Suaramuda.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Tulungagung mengimbau masyarakat mewaspadai dampak cuaca ekstrem, berdasarkan analisis BMKG terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi tidak bisa menahan pergerakan tanah. 

Selain rawan banjir dan longsor, hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang menimpa jalan, bahkan pengendara yang melintas di jalanan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tulungagung Gilang menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam.

"Akibat cuaca ekstrem berdampak pohon tumbang mengganggu akses jalan.. Himbauan ini disampaikan sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan atau kerugian akibat bencana alam di tengah kondisi cuaca ekstrem," ucap Gilang, Jumat (15/3/2024).

Di sampaikan pula, perlunya perawatan dan pemeliharaan pohon di lingkungan agar pohon-pohon yang sudah tua atau tidak sehat untuk segera dipangkas atau diperbaiki guna mengurangi risiko tumbang saat angin kencang. (Indh).