Foto : Penyerahan Zakat bersama Pj Bupati Tulungagung, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan Pengusaha.

Suaramuda.com - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tulungagung melalui BAZNAS, menyerahkan Zakat Mal Bersama Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno , Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, dan Pengusaha, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung, Selasa (26/3/2024).

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno mengatakan, pembayaran zakat mal merupakan upaya yang dilakukan untuk memudahkan Forkopimda, Kepala OPD dan pengusaha di Tulungagung untuk menyalurkan zakat, infaq maupun sedekahnya melalui BAZNAS.

"Hari ini kita bareng BAZNAS untuk membayar zakat bersama, dengan forkopimda, pengusaha, dan kepala OPD, sebagai kewajiban yaitu dari 2,5 persen harta kita untuk pajak yang kita peroleh, melalui saluran resmi BAZNAS," bebernya.

"Penyaluran zakat melalui BAZNAS punya banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Tulungagung," singkatnya.

Zakat yang terkumpul melalui BAZNAS disalurkan pada pihak pihak yang membutuhkan, seperti penyaluran untuk pemilik usaha mikro dimana masing-masing penerima mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp 1,5 juta.

"kita bisa memberikan usah mikro untuk 300 orang, 1,5 juta per orang, ada bedah rumah, ada penyerahan sembako kepada masyarakat," tegas Pj Bupati Heru Suseno.

Di tempat yang sama, Ketua BAZNAS Tulungagung, KH Samsul Umam menyampaikan, pembayaran zakat melalui BAZNAS cukup baik dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

"Ada 60 persen ASN Tulungagung, sedang ASN kemenag sudah 100 persen, tahun ini ditargetkan selama satu tahun sekitar 8 milyar, dan tahun lalu bisa tercapai, dan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan," ungkapnya. (Indh).