Foto : Plh Sekda Kampar Ahmad Yuzar Buka Turnamen Bola Voli Antar Suku Kenegerian Pulau Gadang.

Suaramuda.com - Masih dalam suasana silaturrahmi Idul Fitri 1445 H /2024 M, Persukuan Kenegerian nan empat menggelar turnamen bola Voli Putera dan puteri antar suku, diantara suku yang ada di Kenegerian Pulau Gadang yakni suku Domo, Piliang, Pitopang dan Suku Melayu, walau sudah dipisahkan secara administrasi oleh dua desa yakni Desa Pulau Gadang dan Desa Koto Masjid namun tetap berada dalam Persukuan Kenegerian Pulau Gadang.

"Dengan turnamen ini kita akan lebih mempererat jalinan silaturahmi antar anak kemanakan dengan Ninik mamak begitu juga antar Persukuan yang ada di Kenegerian Pulau Gadang dengan menjunjung nilai-nilai sportifitas yang tinggi," kata Plh Sekda Kampar Ahmad Yuzar S.Sos, MT saat mewakili Pj Bupati Kampar Hambali, SE.MH pada pembukaan Turnamen Bola Voli Antar Suku Kenegerian Pulau Gadang yang diadakan di Lapangan bola Voli Dusun Pelangi Indah Dusun 1 Pincuran Bilah Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar, Sabtu 13/04.

Pembukaan ini ditandai dengan diaraknya piala sekeliling Desa Pulau Gadang oleh Plh Sekda Kampar, Ninik Mamak, atlet dan masyrakat.

Hadir pada kesempatan tersebut Kabid Kepemudaan Dikpora Kampar M. Saleh, Calon Anggota DPRD Riau terpilih H. M. Amal Fathullah, Lc, MA, Pucuk adat Kenegerian Pulau Gadang Syawir Dt Tandiko beserta Pucuk adat Kenegerian Pulau Gadang, Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis dan Kepala Desa Pulau Gadang serta para undangan ninik mamak dan anak kemanakan yang memenuhi lapangan bola Voli Koto Mesjid.

Pj Bupati Kampar Hambali SE, MH yang diwakili oleh Plh. Sekda Kampar Ahmad Yuzar, S.Sos, MT menyampaikan, apresiasi kegiatan seperti ini dalam upaya meestarikan nilai-nilai adat dan budaya ditengah-tengah masyarakat dalam menjaga di kampung kita ini dari nilai yang yang tidak sesuai dengan adat istiadat yang kita anut.

"selain itu menjadi ajang jalinan silaturrahmi yang lebih erat dan memperkokoh persaudaraan seluruh komponen Masyarakat. Kami berharap turnamen ini dapat digelar setiap tahunnya dan lebih meningkat lagi pelaksanaan Baik tari segi mutu maupun lingkupnya lagi," ujarnya.

"Ini momentum penting untuk menjaga kerukunan dan persatuan antar suku maupun dengan pemerintahan, oleh sebab itu kita berharap semoga turnamen ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar, jalani pertandingan dengan jiwa sportifitas yang tinggi," Harap Ahmad Yuzar.

Plh Sekda Kampar mengajak masyarakat untuk bersatu membangun negeri secara Bersma sama, seluruh komponen masyrakat mulai dari Anak kemanakan, Ninik Mamak, tokoh maayrakat, tokoh agama dan pemerintahan mulai dari Kepala Desa, Kecamatan bahkan Kabupaten.

Sembari mengucapkan basmalah pertanda Plh Sekda Kampar resmi membuka turnamen bola Voli antar suku Kenegerian Pulau Gadang.

Sebelumnya, Pucuk adat Kenegerian Pulau Gadang Syawir Dt Tandiko dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita bersyukur turnamen ini dapat kita gelar kembali dengan memperebutkan piala Pucuk adat Persukuan Kenegerian Pulau Gadang, "Ini sangat penting karena saat masih banyak yang belum tau dan kenal antara sesama anak kemanakan maupun anak kemanakan dengan Ninik mamaknya, maka dengan momentum ini ini dapat kita kenali Persukuan dan ninik mamak," Kata Syawir Datuok Tandiko.

Sementara itu Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis Dt Rajo Penghulu dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan membangkitkan kembali kegiatan yang telah lama tidak terlaksana.
“Insha Allah nantinya akan muncul atlet atlet Voli dapat terlahir dari turnamen yang kita gelar ini, kami sangat mendukung atas sukses dan lancarnya kegiatan ini hingga akhir," Kata Arjunalis.

Sementara itu Ketua Panitia turnamen Nono Playerno menyatakan Sudah delapan tahun tidak terlaksana dan alhamdulilah hari telah dapat kita Laksanakan, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan Ninik Mamak Kenegerian Pulau Gadang, dan teristimewa bahwa kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari pemuda yang ada di Koto Masjid dan Pulau Gadang.

“Kesuksesan acara ini adalah kesuksesan kita bersama semoga tahun depan dapat kita Laksnakan kembali dengan lebih meriah dan terencana lagi," Kata Nono Playerno.(**)