Foto : Energi Kebersamaan, PHR Gelar Pasar Sembako Murah di Desa Tertua di Tapung Hilir Kampar.

Suaramuda.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar kegiatan pasar murah di Desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Kegiatan pasar murah di desa tertua Kecamatan Tapung Hilir ini diharapkan bisa menekan angka inflasi di Kabupaten Kampar, terutama menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Kegiatan pasar murah bahan pokok dalam rangka Safari Ramadan PHR ini digelar di halaman Masjid Raya Baiturahman Desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kampar, Senin (1/4/2024). Ada 1.000 paket bahan pokok seharga Rp 150 ribu yang harga per paketnya dijual PHR kepada masyarakat seharga Rp 30 ribu. Uang hasil penjualan paket tersebut seluruhnya diberikan untuk bantuan ke masjid serta anak yatim dan kaum dhuafa di Desa Sekijang.

Kegiatan Pasar Murah PHR ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kampar. Assisten II Setda Kabupaten Kampar Suhermi menyampaikan terima kasih kepada PHR dan berharap kegiatan ini bisa berdampak pada penurunan angka inflasi di Kampar.

"Kita sama-sama tahu, bahwa inflasi itu artinya kenaikan harga barang dan jasa di waktu tertentu. Nah, ini kita dalam waktu Ramadan dan menjelang Idul Fitri, di mana kebutuhan tinggi. Dan dalam rangka penekanan inflasi, kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pihak perusahaan untuk mengadakan kegiatan pasar murah, salah satunya Pasar Murah PHR ini," kata Suhermi.

Camat Tapung Hilir Nurmansyah juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PHR atas kegiatan ini. Termasuk Kepala Desa Sekijang, yang mengapresiasi bentuk kepedulian PHR terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasix terlebih Desa Sekijanh merupakan desa tertua kecamatan Tapung Hilir.

"Desa Sekijang ini merupakan desa tertua di Tapung Hilir. Ada 1.481 Kepala Keluarga di desa ini. Kami ucapkam terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PHR yang membuat kegiatan hari ini. Kegiatan pasar murah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami," kata Kades Sekijang John Kennedy.

Manager External Communications and Stakeholder Relations (ECSR) South PHR Wan Dedi Yudishtira mengatakan, kegaiatan pasar murah ini dilaksanakan dalam upaya berbagi kepada masyarakat, sesuai dengan tema Safari Ramadan 1445 H PHR yakni 'Energi Kebersamaan'.

"Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, terutama dalam meningkatkan daya beli masyarakat untuk perputaran roda perekonomian yang lebih baik, yang kami harapkan juga bisa berdampak pada penurunan angka inflasi di Kabupaten Kampar," kata Wan Dedi.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai komitmen PHR dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi PHR. "Kami juga berharap terus mendapat dukungan dari masyarakat untuk kelancaran kegiatan operasi dan produksi PHR dalam menjaga ketahanan energi nasional.

Untuk diketahui, PHR menggelar kegiatan pasar murah di berbagai titik di wilayah operasi PHR. Total ada 5.000 paket sembako murah yang dijajakan. PHR bekerja sama dengan Badan Dakwah Islam (BDI) PHR untuk menyalurkan paket tersebut di 13 masjid dan musala yang ada di sekitar wilayah operasi PHR.

Paket sembako tersebut senilai masing-masing Rp 150 ribu namun dijual Rp 30 ribu ke masyarakat yang terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter dan ikan kaleng 1 buah. Uang hasil penjualan tersebut akan didonasikan baik ke masjid maupun ke anak yatim dan kaum dhuafa di lokasi pasar murah tersebut.(**)