Foto : Pelatihan Pengelolaan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Tahun 2024.

Suaramuda.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zamhur, Secara Resmi Buka Pelatihan Pengelolaan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Tahun 2024, di Mona Plaza Hotel Pekanbaru, Kamis 16 Mei 2024.

"Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata," kata Zamhur.

Lanjut Zamhur, Masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan.

"Acara pelatihan pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum semangat baru dalam mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan di kabupaten kampar," Pintanya.

"Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan pelatihan pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan dapat diikuti dengan sungguh-sungguh untuk dapat mendapatkan ilmu konsep manajemen pengelolaan destinasi Pariwisata berkelanjutan," harap Zamhur.

"Kami ucapkan selamat mengikuti pelatihan ini, semoga informasi dan ilmunya bermanfaat dan terus mengasah kemampuan diri untuk menjadi agen pariwisata di daerahnya masing - masing," ucap Zamhur.

Sementara itu Kepala bidang pengembangan destinasi pariwisata kabupaten kampar, H. Sarkawi, S.Pd., MM selaku ketua panitia mengatakan, Pelatihan pengelolaan destinasi berkelanjutan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola destinasi pariwisata yang ada di kabupaten kampar terkait konsep manajemen tata kelola destinasi pariwisata berkelanjutan.

Dikatakan Sarkawi, pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah penting yang perlu dilaksanakan secara terarah dan berkesinambungan untuk menyiapkan masyarakat agar semakin memiliki kapasitas dan kemandirian serta berperan aktif dalam mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan di kabupaten kampar.

"Peserta pelatihan pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan terdiri dari; pengelola destinasi pariwisata di Kampar, pengurus desa wisata, pengurus kelompok sadar wisata dan unsur pemerintah desa yang memiliki destinasi pariwisata," Ungkap Sarkawi.

"Begitu juga dengan materi paparan akan disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu dari sekolah tinggi pariwisata riau, dosen universitas lancang kuning dan praktisi pariwisata," kata Sarkawi.
(HARISEP ARNO PUTRA)