Foto : Lomba bertutur tingkat Kabupaten Tulungagung bagi SD/ MI tahun 2024.

Suaramuda.com - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno membuka Lomba Bertutur bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Tulungagung tahun 2024, yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung,di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (19/6/2024). 

Lomba bertutur dengan tema," Tingkatkan Budaya Baca Anak Melalui Lomba Bertutur", agar kegiatan ini bisa di integrasikan sebagai bagian dari proses belajar siswa siswi , bertujuan meningkatkan budaya baca dan literasi sejak dini.

" Hari ini, kita menyelenggarakan lomba bertutur tingkat SD dan MI Se- Kabupaten Tulungagung tahun 2024 yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung, mendapat ada pujian yang sangat baik, karena mulai dini kita membiasakan pada anak anak untuk membaca kemudian memahami dan menyampaikan kembali apa yang telah di baca. Artinya ada proses belajar, tidak hanya membaca namun tidak mengerti, tapi membaca,di mengerti dan bisa menceritakan. Ini adalah bagian dari cara belajar di tengah tengah teknologi yang terus berkembang," ucap Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno.

Lomba bertutur yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi sebagai bentuk apresiasi dan motivasi di tingkat Kabupaten melalui jalur sekolah tingkat dasar (SD).

Literasi hadir bukan hanya dalam bentuk tekstual, namun dalam bentuk digital, telah melahirkan berbagai inovasi yang dapat diterapkan oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

" Nilai indeks minat baca di Kabupaten Tulungagung tahun 2023 yakni, 67,70 ( nilai dalam kategori tinggi)," imbuh Heru Suseno. (Indh).