Iklan

Iklan

,

Iklan

DPC PDIP Kampar Dukung Keputusan Mendagri dalam Penetapan Nama Pj Bupati Kampar

Redaksi
19 Mei 2022, 08:04 WIB Last Updated 2022-05-19T01:04:46Z
DPC PDIP Kampar Dukung Keputusan Mendagri dalam Penetapan Nama Pj Bupati Kampar

BANGKINANG  - Ditengah maraknya pembahasan tentang siapa yang bakal ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kampar dan Pj Walikota Pekanbaru, pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kampar dengan tegas menyampaikan dukungan kepada Menteri Dalam Negeri dalam penunjukan Pj kedua kepala daerah di Riau.

Ketua DPC PDIP Kampar melalui Sekretaris DPC PDIP Kampar Triska Felly kepada wartawan Rabu 18 Mei 2022 sore menegaskan, DPC PDIP Kampar mendukung siapapun yang diputuskan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Pj Bupati Kampar maupun Pj Wako Pekanbaru.

Menurut Felly, begitu mantan anggota DPRD Kampar tersebut akrab disapa, dari informasi yang beredar, Pj Bupati Kampar maupun Pj Wako Pekanbaru diprediksi diluar dari tiga nama yang diusulkan oleh Gubernur Riau H Syamsuar.

"Kami pengurus DPC PDIP Kampar mendukung nama siapa saja yang akan keluar sebagai Pj Bupati Kampar maupun Pj Walikota Pekanbaru, sebab yang jelas mereka adalah salah satu putra terbaik Riau," ujar  Felly.

Menurutnya, siapapun yang ditunjuk oleh Presiden melalui Mendagri adalah pilihan terbaik, dan tentunya Mendagri tidak sembarangan dalam menetapkan ini dan berdasarkan dari berbagai pertimbangan.

Selain itu, ditinjau dari segi hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Mendagri boleh atau memiliki kewenangan dalam penetapan Pj kepala daerah. 

"Tak mungkin Mendagri keluarkan kebijakan di luar hukum yang berlaku di negara ini," tegas wanita berparas cantik ini.

Dukungan terhadap keputusan pemerintah ini adalah salah satu hal yang terpenting dalam menjamin kepastian terselenggaranya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan jalannya pemerintahan maupun pembangunan di daerah.

Ia juga menilai bahwa yang membuat heboh suasana di masyarakat adalah pihak-pihak yang dengan sengaja memanaskan situasi. "Kalau masyarakat mana pula mengerti hal yang begitu. Tentu yang ada kepentingan juga," ulasnya.

Dari informasi yang diterima, Mendagri menunjuk Sekretaris DPRD Riau Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru, sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Riau Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.

Kedua calon Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar tersebut sebenarnya bukan calon yang diusulkan Gubernur Riau Syamsuar.

Sedangkan tiga pejabat yang diusulkan Gubernur Riau menjadi Pj Walikota Pekanbaru diantaranya, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau Boby Rachmat, serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal.

Kemudian untuk Pj Bupati Kampar yang diusulkan Gubernur, diantaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Imron Rosyadi, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, dan Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur.(**)

Iklan