Iklan

Iklan

,

Iklan

Wakil Ketua DPRD Kampar dan Kadisparbud Sambut Kedatangan Juara Putri Remaja Nusantara, Ini Harapan Repol

Redaksi
22 Jul 2022, 10:22 WIB Last Updated 2022-07-22T03:22:34Z
BANGKINANG  - Apresiasi kepada duta Kabupaten Kampar yang meraih juara pada ajang Pemilihan Putra Putri Remaja Nusantara Tingkat Nasional ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Kampar dan DPRD Kabupaten Kampar.

Penjabat Bupati Kampar yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma dan Wakil Ketua DPRD Kampar Repol menyambut kedatangan Diva Ananta Sofian ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kamis 21 Juli 2022.

Diva Ananta Sofyan sebelumnya berhasil meraih juara kedua pada ajang Pemilihan Putra Putri Remaja Nusantara Tingkat Nasional yang digelar di Pekalongan, Jawa Tengah, 14-17 Juli 2022 lalu. 

Wakil Ketua DPRD Kampar Repol dan Kadis Pariwisata Kampar Zulia Dharma kepada wartawan Kamis, 21 Juli 2022 mengucapkan selamat kepada dua orang remaja Kampar Diva Ananta Sofian dan Rahmanda Batasha sebagai juara ketiga Putri Remaja Lingkungan pada ajang yang sama.

Repol yang datang ke Bandara bersama istri Rani Haerani mengatakan, penjemputan ini sebagai bentuk penghargaan kepada Diva atas prestasi yang telah diukir ditingkat nasional.

"Tentunya ini telah mengangkat nama Kabupaten Kampar ditingkat nasional. Saya harap anak-anak kita terus berkarya dan ini menjadi motivasi bagi generasi berikutnya untuk mengikuti jejak Diva. Kalau tahun ini juara dua nasional, tahun berikutnya Kampar juara satu dan bisa belajar dari Diva," cakap Repol.

Ketua DPD Partai Golkar Kampar ini mengakui bahwa iven seperti ini persoalannya selalu sulit bagi pemerintah daerah untuk memberikan bantuan karena tidak ada kaitannya dengan kegiatan pemerintah daerah dan tidak menjadi kalender pemerintah daerah sehingga anggarannya tidak masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Namun kata Repol, hal itu janganlah menjadi sebuah alasan bagi pemda untuk tidak membantu putra putri Kampar yang mengikuti iven-iven seperti ini. 

"Tapi sebetulnya kalau ingin membantu tak mesti nunggu APBD, ada jalan lain.
Bisa jadi dibantu dengan jalan lain, bisa dengan CSR dan kebijakan lain," beber Repol.

Ia menambahkan, banyak kompetisi yang diikuti oleh anak-anak Kabupaten Kampar dan itu memberi motivasi anak-anak yang lainnya terutama yang punya bakat dan pemda diharapkan membantu menyalurkan.

Bagi yang ikut kompetisi-kompetisi tersebut Repol berharap informasinya disampaikan kepada pemda agar pemda juga bisa mencarikan solusi.

"Kalau sampai ke pemda, maka pemda bantu cari solusinya. Kalau O2SN termasuk yang dianggaran, kalau seperti itu tak masuk agenda pemda.
Itulah dicarikan solusinya itu. Kan banyak CSR perusahaan, tinggal rekom bupati itu," katanya.

Pj. Bupati Kampar H Kamsol melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Darma mengatakan, dengan mengusung tema Smart, Creative dan Inspiratif, iven ini diharapkan dapat mencetak remaja - remaja yang mampu menginspirasi teman-temannya agar turut berprestasi.

Sementara itu, Sofiandi, orang tua dari Diva Ananta Sofyan yang juga Camat Tapung mengaku terharu dan bangga atas prestasi Diva Ananta dan perhatian dari Pemkab dan DPRD Kampar.

"Atas dukungan dari DPRD Kampar dan Pemkab Kampar kami ucapkan ribuan terima kasih," ujar Sofiandi yang didampingi Istri Hesni Hasbi Sofiandi.

Pemilihan Putra Putri Remaja Nusantara ini merupakan Ajang Pageant Remaja Tingkat Nasional yang diikuti sebanyak 34 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Iven ini akan dilaksanakan setiap tahun. Setiap pemenang akan menjabat selama satu tahun dan menjalankan kegiatan advokasi ke daerah-daerah bahkan ke luar negeri.

Ada tiga orang utusan Riau dibawah binaan Ketua Umum Duta Remaja Riau Tito Marselino yang meraih gelar pada ajang ini. 

Dua dari tiga gelar diraih remaja asal Kabupaten Kampar Diva Ananta Sofyan, juara 2nd Runner Up sebagai Putri Remaja Nusantara Kebudayaan dan Rahmanda Batasha Juara 3nd Runner Up sebagai Putri Remaja Lingkungan.

Sementara peserta asal Pekanbaru Rangga Azima dinobatkan sebaga predikat Putra Remaja Nusantara Best Advokasi.

Diva Ananta Sofian lahir di Bangkinang, 6 Februari 2006. Diva merupakan anak pertama dari Pasangan Sofiandi, SE, ME dan Hesni Hasbi, SP.

Meski masih remaja, sejumlah prestasi telah mampu dicatat Diva. Ia
pernah meraih juara favorit Duta Remaja Riau tahun 2020. Selain itu juga terpilih sebagai The Best Duta Wisata Riau sebagai Duta Budaya dan Duta Fashion tahun 2022.

Bakat lain yang dimiliki Diva adalah menulis novel. Karyanya bahkan sudah diterima secara nasional. Diantara karyanya adalah December dan Butterflies. Diva juga pernah mewakili Indonesia kelima negara Asia dalam rangka iven pertukaran pelajar.(**)

Iklan