Iklan

Iklan

,

Iklan

Dato’ Abdul Malik Terima Anugerah Perdana dari Malaysia, Ini kata Dato'!

Redaksi
28 Agu 2022, 05:49 WIB Last Updated 2022-08-27T22:50:49Z
Dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji sekaligus Budayawan Kepulauan Riau


MALAYSIA - Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Dato’ H. Abdul Malik terima Anugerah Perdana untuk kategori Penulis Serumpun paling produktif (prolifik) dari Yayasan Buku Malaysia, Kamis 25 Agustus 2022 kemarin.

Anugerah Perdana merupakan anugerah kategori tertinggi, sedangkan Yayasan Buku Malaysia merupakan sebuah yayasan di bawah naungan Pemerintah Kerajaan Malaysia.

Dosen yang juga Mantan Dekan FKIP UMRAH itu menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Kepada awak media Abdul Malik mengatakan, penghargaan tersebut ia terima, karena dirinya dinilai paling produktif oleh Yayasan Buku Malaysia dalam menulis buku serta artikel di media dan jurnal.

“Saya juga dinilai aktif menyumbangkan pikiran tentang budaya Melayu dalam seminar-seminar di dalam dan luar negeri, dan satu-satunya perwakilan dari Indonesia sekarang untuk kategori (penerima) Anugerah Perdana,” ucapnya.

sejauh ini ia telah menulis sebanyak 48 buah buku dan 800 buah artikel.

Atas capaiannya, Dato’ Malik berharap dapat menjadi motivasi bagi generasi muda di Kepri untuk dapat juga produktif dalam menulis buku.

“Harapan saya tentulah semakin banyak penulis buku produktif di Kepulauan Riau, khususnya Diharapkan para dosen di perguruan tinggi makin banyak menulis buku sesuai dengan bidang ilmu masing-masing,” harapnya.

Mantan Dekan yang juga salah satu tokoh pendiri UMRAH itu berharap, minat baca di kalangan masyarakat juga terus meningkat, terutama para siswa dan mahasiswa.

“Dengan demikian para penulis akan semakin termotivasi untuk menulis buku. Pemerintah pun, termasuk pemerintah daerah, seyogyanya memberi perhatian dalam bentuk bantuan kepada para penulis buku,” tutupnya. (MOLLI WAHYUNI)

Iklan