KAMPAR - Organisasi  Komite Persiapan (KP) Kumpulan Anak Bangsa Peduli Anak Bangsa (Kubangga) Riau akan menggelar kongres pertama, di aula kantor Bupati Kampar, Kamis 1 Desember 2022 mendatang.

Senin 21 November 2022 berdasarkan musyawarah Komite Persiapan Kumpulan Anak Bangsa, Peduli Anak Bangsa ( KP-KUBANGGA ) menetapkan saudara Ikhsan Arif Suzaki, SE ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Kongres dan Muhammad Sanusi sebagai sekretaris panitia. 

Ikhsan Arif Suzaki menyampaikan kepada wartawan, bahwa Kongres 1 Kubangga Riau merupakan bagian dari akumulasi kesadaran kolektif rakyat untuk berjuang, kedepanya dalam pandangan kami nantinya kubangga ini akan memiliki beberapa fokus kerja yang kami sebut dengan koordinator bidang di tiap-tiap daerah dan tingkatan diantaranya.
1. Koordinator Pendidikan
2. Koordinator Kesehatan
3. Koordinator Sosial
4. Koordinator Buruh
5  Koordinator Hukum
6. Koordinator Tani
7. Koordinator Budaya dan Olahraga
8. Koordinator Permpuan

"Kongres ini merupakan wujud persatuan dari bentuk kedaulatan rakyat itu sendiri, ini tercermin dari tema kongres, yakni "bangun persatuan gerakan rakyat dalam upaya pembangunan alat perjuangan alternatif masyarakat" Kemudian insyaallah kongres 1 Kubangga Riau akan diikuti lebih kurang 300 orang peserta," ungkap Ikhsan.

Selanjutnya Muhammad Sanusi sebagai sekretaris panitia, mengatakan, bahwasanya Kubangga ini terbentuk dari ide dan gagasan bagaimana menjawab persoalan kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan yang di hadapi oleh masyarakat dan tentunya kita harus tahu lebih dulu pangkal masalahnya. 

"Lewat kongres pertama ini kita akan membentuk struktur kepengurusan organisasi Kubangga dan pastinya akan membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi," ujarnya.

Kata dia, setelah selesai kongres ini Kubangga akan melakukan penstrukturan di seluruh kabupaten atau kota bahkan hingga ke tingkat desa. 

Terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di Riau, Kubangga memastikan siap bersinergis dengan Pemerintah untuk bersama-sama mencari jalan penyelesaianya, itu pasti akan kami lakukan bekerjasama dengan Pemerintah daerah hingga pemerintah Pusat jika diperlukan sepanjang kebijakannya berpihak pada rakyat.