PEKANBARU - Event Tour de Muara Takus tahun 2022 Resmi dibuka Gubernur Riau Drs. Syamsuar, Pelepasan peserta Tour de Muara Takus ditandai dengan Pengibaran bendera Start. 

Pelepasan tour de muara takus ini dipusatkan di Halaman Mapolda Riau di Pekanbaru, Sabtu, 12 November 2022.

Terlihat mendampingi Gubernur Riau Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH dan Isteri, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra.SH, Anggota DPR RI Dapil Riau Muhammad Nasir, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun M, Si. Pejabat Utama Polda Riau, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan ratusan peserta dari berbagai provinsi se-Indonesia dan peserta dari Negara Malaysia. 

Gubernur Riau Drs. Syamsuar, sebelum melepas peserta menyampaikan bahwa, ini merupakan Event pertama di Riau, ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan Riau Dalam bidang pariwisata, kuliner dan UMKM.

Kata dia, Ini akan kita kembangkan terus dan Event Tour de Muara Takus ini ajang pemanasan menuju tour de Siak.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH menyampikan, Polda Riau sebagai tuan rumah bekerjasama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Riau bertungkus lumus untuk mewujudkan dan persiapan Tour de Muara Takus.

"Insya Allah Polda Riau akan selalu mengawal program pemerintah dalam memajukan ekonomi di Riau," ujarnya

Kata dia, Olahraga sepeda sudah mendunia, Event ini tentunya bertujuan agar seluruh jagat mengenal Riau, bukan saja wisata dan kuliner tapi semua aspek, tanpa terbendung dan dihalangi oleh apapun.

Ada beberapa Varuable yang harus di jaga Safety (Keamanan) , Managable ( Tertata dengan baik), happy (Bergembira serta barokah dan memberi manfaat.

Sebagai tuan rumah mengucapkan terimakasih dan bangga terhadap Event ini, Kepada Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM, Ketua ISSI Riau Syahrial, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun serta Kapolres Kampar dan kapoltabes Pekanbaru yang tak kenal lelah dalam mewujudkan Even ini.

Sementara itu Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, merasa terharu dan gembira pelepasan ini telah dapat kita Laksanakan, Event ini akan memberikan dampak atau Multiplayer Efek bagi masyarakat, terutama di bidang pariwisata, kuliner, UMKM Kampar.

Selain itu ia mengungkap terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensupport kegiatan ini terutama Polda Riau, ISSI Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau. 

"Kita akan terus melakukan pembenahan sehingga Event ini dapat kita gelar pada tahun-tahun berikutnya," Kata Kamsol saat menyampaikan yel yel Tour de Muaratakus!! Mantap du Cu. 

Kamsol berharap Event Tour De Muara Takus dapat berjalan sesuai dengan harapan kita, yang saat ini sudah kita mulai Start di Halaman Mapolda Riau hingga Finish di Candi Muara Takus nantinya dengan melalui beberapa Pitstop di antaranya Pitstop 1 di Istana Kesultanan Kampa, Pitstop 2 di Balai Rumah Dinas Bupati Kampar, Pitstop 3 di Dermaga Gulamo, dan Pitstop 4 di Candi Muara Takus. (**)