Iklan

Iklan

,

Iklan

Keindahan Taman Kota Bangkinang, Cerminan Negeri Beradat, Agamis dan Religius

Redaksi
10 Nov 2022, 23:18 WIB Last Updated 2022-11-10T16:18:25Z
BANGKINANG  KOTA - Malam ini, 10 November 2022, akan menjadi sejarah baru di negeri Serambi Mekkah Provinsi Riau. Tidak kurang dari seribu masyarakat Kampar menikmati keindahan taman Kota yang dihiasi dengan lampu hias berbagai warna.

Asmaul Husna terlihat menghiasi tempat masyarakat berjalan-jalan bersama keluarga tercinta. Asmaul Husna dengan tulisan kaligrafi yang indah itu, dipercantik oleh cahaya lampu yang didesain oleh tangan-tangan seniman terbaik di negeri ini.

Taman Kota yang indah itu, diresmikan langsung oleh Penjabat Bupati Kampar, DR. H. Kamsol, yang baru menjabat di negeri ini pada beberapa bulan yang lalu menggantikan Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, yang telah habis masa jabatannya. 

Sembari peresmian Taman Kota tersebut, kehebatan Panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar, DR. Ir. Aliman Makmur, mampu merancangnya dengan perhelatan Tabliq Akbar yang disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Dr. H. Saidul Amin.

Rangkaian acara peresmian Taman Kota dengan Tabligh Akbar tersebut, menggambarkan bahwa negeri Serambi Mekkah Provinsi Riau ini, benar-benar merupakan negeri beradat, agamis dan religius. Yang hebatnya lagi, selain Tabligh Akbar, peresmian Kota Bangkinang juga  dimeriahkan oleh gema sholawat yang didengungkan oleh para santri-santri terbaik Kabupaten Kampar.

Di tengah menikmati keindahan Kota Bangkinang bersama anak-anak tersayang ku, saya teringat sosok Mantan Bupati Kabupaten Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, Datuk Rajo Bertuah. Kilauan cahaya lampu yang menghiasi tempat berjalan masyarakat dan tempat bermain anak-anak, saya teringat senyuman khas mas Catur Sugeng Susanto.

Sewaktu menjabat Bupati Kampar, beliau pernah berkata kepadaku, " Jondri!, nanti kita akan buat kota ini indah, rapi, dan nyaman", sambil menggambarkan kondisi keindahan Taman Kota yang terletak tidak jauh dari Islamic Center dan Puskesmas Bangkinang Kota.  Dengan mimik tubuh dan senyuman khasnya, mas Catur Sugeng Susanto terkesan paham betul bagaimana jadinya Taman Kota Bangkinang yang sudah dirancangnya.

Waktu itu, dalam hati saya juga berharap, semoga apa yang disampaikan mas Catur Sugeng Susanto tersebut cepat terealisasi. Namun, sangat disayangkan, Keindahan Taman Kota itu tidak sempat diresmikannya, karena pembangunannya ada sedikit menemui kendala. Tetapi, kelanjutan pelaksanaan Taman Kota itu terus dianggarkannya pada APBD Kampar tahun 2022. Sehingga pada 10 November 2022 Taman Kota yang telah direncanakannya itu, diresmikan oleh Penjabat Bupati Kampar, DR. H. Kamsol yang juga memiliki semangat yang tinggi dalam membangun negeri ini.

Keindahan Taman Kota Bangkinang juga dilengkapi dengan arsip foto Bupati Kampar dari masa ke masa. Konsultan dan yang memiliki ide terhadap pembangunan Taman Kota Bangkinang tersebut, ternilai adalah sosok yang tidak mudah melupakan sejarah. Paling tidaknya mereka adalah orang yang tahu dengan ucapan terima kasih terhadap pengabdian para pemimpin negeri terdahulu. Mereka juga adalah orang yang paham akan kearifan lokal. Karena, selain Asmaul Husna, Taman Kota juga dilengkapi dengan tugu piala Adipura yang pernah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.

Semoga Keindahan Taman Kota tetap terjaga. Semoga masyarakat Kampar yang beradat, agamis dan religius dapat selalu menjaga dan memelihara keindahan taman kota yang berada di pusat ibu kota Bangkinang tersebut. Semoga keindahan Taman Kota Bangkinang dapat menjadi icon kota sebagai Kabupaten yang indah dan ramah anak. Karena keindahan taman kota identik dengan taman yang biasa dinikmati okeh anak-anak.
Semoga keindahan taman kota Bangkinang terhindar dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Penulis: Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Kampar, Adi Jondri Putra.

Iklan