BANGKINANG KOTA - Bertujuan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kampar ke-73 dan memberdayakan warga tempatan, pemuda tepi Sungai Kampar di Kelurahan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang Kota akan menggelar pesta rakyat berupa Pekan Raya atau Pekan Keramaian di Lapangan Merdeka Bangkinang.

Acara ini direncanakan dilaksanakan selama 1 bulan penuh tepatnya dimulai dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2023.

Ketua Panitia pelaksana Acara Pekan Raya, Doni Saputra mengatakan, Pekan Raya ini merupakan upaya untuk memberikan kegiatan positif untuk masyarakat Kampar umumnya dan khususnya untuk warga di pinggir Sungai Kampar di Kelurahan Bangkinang.

"Dalam acara Pekan Raya ini kami panitia pelaksana akan memanfaatkan UMKM-UMKM ataupun pedagang lokal untuk berjualan di sana sehingga para pedagang kita bisa merasakan manfaat dari pekan raya ini," kata Doni kepada wartawan,  Kamis (12/1/2023) pagi.

Untuk jenis permainan, kata Doni, ada sejumlah wahana permainan anak-anak yang dihadirkan ditempat tersebut seperti kincir angin, komedi putar, sampan naga, roda-roda maut dan wahana permainan lainnya.

"Kami pemuda-pemudi tempatan selaku anak kemenakan Ninik Mamak nan 12 Kenegerian Bangkinang, tentunya kemenakan tetap berkordinasi dengan Ninik Mamak pucuk Adat selaku pemilik tanah Ulayat di daerah tersebut. Alhamdulillah kami mendapat  respon sangat baik dan beliau malah menyarankan dan memberi arahan supaya kami dapat memberdayakan sumber daya lokal serta menata lapangan merdeka dengan baik dan dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar," terangnya.

Agenda Pekan Raya ini sudah mendapat izin atau dari rekomendasi dari Ninik Mamak nan 12 Kenegerian Bangkinang dan menyarankan untuk mengurus administrasi lainnya seperti izin dari instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Meneruskan rekomendasi dari Ninik Mamak nan 12 Kenegerian Bangkinang, Pemuda Pinggir Sungai Kampar atau Tepi Air saat ini juga sudah mendapatkan dukungan dari instansi lainnya diantaranya Polres Kampar, MUI Kabupaten Kampar, Camat Bangkinang Kota, Lurah Bangkinang dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Alhamdulillah, izin sudah terlengkapi. Saat ini kami tengah mempersiapkan acara ini. Insyaallah, Pekan Raya ini akan kami buka malam Minggu ini," kata Doni.

Sementara itu, salah seorang warga Bangkinang yang akan berjualan di acara Pekan Raya tersebut, Yeni mengatakan senang dengan adanya acara tersebut. 

Ia berharap acara ini ramai dan tentunya bisa membuat dagangannya habis dan bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. "Senang dek, semoga agendanya lancar dan gorengan saya habis setiap hari," kata ibu paruh baya ini.

Selain itu, Pedagang lainnya Susan juga mengaku senang. Menurutnya, agenda Pekan Raya ini selalu ditunggu oleh masyarakat Kabupaten Kampar.

"Saya jualan air akar dan kopi. Tapi, senang aja dengan adanya acara ini sebab acara seperti keramaian ini jarang diadakan. Semoga acaranya memberikan manfaat untuk kami para pedagang kecil ini," harapnya.
(Nazarudin)