Foto: Tempat usaha  Es Kristal PDAM Tirta Cahya Agung pembangunannya hampir selesai

TULUNGAGUNG - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung membuat terobosan baru dengan membuka pabrik es kristal.

Seiring dengan perkembangan jaman, es kristal menjadi pilihan banyak orang. Selain praktis, ukurannya kecil sehingga mudah digunakan. Hampir semua pemilik usaha juga menggunakan es batu kristal.

Direktur Perumdam Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung Joko Purnomo melalui Kasi Pengadaan Barang dan Jasa Adi Pranoto mengatakan, usaha baru ini bermula setelah mengadakan studi banding di PDAM Kabupaten Karanganyar.

Ketertarikan Direktur PDAM yang dilakukan oleh pengembang usaha es kristal menjadi inovasi. Dari bahan baku yang sama ,bisa di manfaatkan dan nyata dikembangkan menjadi nilai lebih, selanjutnya di aplikasikan ke PDAM Kabupaten Tulungagung.

Kata Adi, Sebelumnya sempat muncul ide PDAM akan membuat air minum dalam kemasan, namun karena banyak pertimbangan ,akhirnya memutuskan untuk membuat es kristal dengan bahan baku air dari PDAM Tirta Cahya Agung.
 
"Peluang usaha es kristal oleh PDAM Tulungagung adalah untuk mensejahterakan karyawannya, pengembangan jaringan pelanggan yang masih sedikit, strategi market dalam menjadi langkah penting dalam berbisnis," kata Adi kepada suaramuda.com Rabu 15 Maret 2023.

Dijelaskan Adi Pranoto, anggaran yang dialokasikan sebagian dari pengembangan jaringan PDAM Tulungagung, karena tahun depan sudah dapat bantuan pengembangan jaringan dari program NUWSP (National Urban Water Supplay) untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

Sebelum usaha diluncurkan, pihaknya masih mengkaji biaya operasional produksi seperti kemasan, dan biaya operasional lain.

Sementara itu kata Adi, harga kemasan 5 kilogram dijual Rp 3 ribu rupiah dan harga kemasan 10 kilogram dijual Rp 6 ribu rupiah, namun keduanya masih belum final karena masih dievaluasi.

"Untuk mendukung produksi, PDAM Tirta Cahya Agung juga akan mendatangkan lemari penyimpanan (frizzer) agar produksinya dapat terus berjalan sehingga pada bulan puasa diperkirakan permintaan dari masyarakat akan naik. Di samping itu, secara teknis pengurusan izin industri es kristal juga mudah," ujarnya.

Harapannya, dengan pengembangan ini, "kami bisa mendapatkan pemasaran yang lebih dalam arti mendapat tambahan pelanggan", imbuhnya. (Indh).