Foto:  BMKG, Prakiraan Cuaca Di  Jawa Timur  Cerah, Berawan dan Hujan

TULUNGAGUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG)   berdasarkan prakiraan hujan desairan yang diterbitkan Staklim Jawa Timur, periode desairan II Maret terlihat penurunan hujan, tetapi meningkat lagi di desairan III Maret, Sabtu ( 11/3/2023).

PMG Madya Koordinator Observasi  dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Jawa Timur  Ahmad Luthfi mengatakan, seluruh wilayah di Jawa Timur masih berada pada musim hujan. 

Dalam penentuan awal musim hujan dan kemarau didasarkan pada jumlah hujan dalam 10 harian atau dasarian.

Ahmad Luthfi saat dihubungi suaramuda melalui pesan WhatsApp mengatakan, Jawa Timur  terletak di daerah ekuator yang konsisten mendapat pemanasan matahari yang intens sepanjang tahun, "Jadi  gak  ada  hubungannya  sekarang  ini  lagi  panas dengan musim kemarau",  ujarnya.

Selain itu BMKG  juga menyebutkan, tidak ada  peringatan dini  termasuk Kabupaten Tulungagung. Di sejumlah wilayah Jawa Timur  diperkirakan bercuaca cerah, berawan hingga hujan.

Sementara itu,  suhu udara di Jawa Timur  rata-rata berkisar antara 16-33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 persen.(Indh).