Foto: Ketua PN Bangkinang Kelas IB beserta jajaran, Rektor UP dan Dosen.

KAMPAR - Dalam rangka Mengkampanyekan atau Public Campaign Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang Kelas IB, mengadakan kegiatan Goes to Campus di Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Bangkinang.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PN Bangkinang Kelas IB I Dewa Gede Budhy DA SH MH, didampingi Hakim sekaligus Humas PN Ersin SH MH, Kasubbag Perencanaan, Teknologi, Informasi, dan Pelaporan Jumari ST MH, Para Hakim, Duta Pelayanan dan beberapa Pegawai dilingkungan Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas I B. Rombongan PN Bangkinang ini disambut hangat oleh Rektor Universitas Pahlawan (UP) Bangkinang Prof Dr Amir Luthfi, dan para staf lainnya, hari kamis (09/03/2023). 

Ketua PN Bangkinang Kelas IB I Dewa G Budhy DA SH MH dalam acara tersebut mengatakan, bahwasanya kegiatan Goes to Campus atau Public Campaign Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan untuk di Universitas. Sebelumnya kita mengadakan Goes to School, yakni pada hari senin kemarin, kegiatan ini juga kita adakan di MAN 1 Kampar Kuok, hari selasa kemarin di SMAN 1 Bangkinang Kota, dan pada hari rabu kemaren di SMKN 1 Bangkinang. 

Untuk diketahui juga, beberapa bulan yang lalu kita juga mengadakan Public Campaign Zona Integritas di Radio RAMA FM Kampar, di Plaza Bangkinang dan dihadapan seluruh Camat yang ada di Kab. Kampar. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB dalam mendukung pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di wilayah Kab. Kampar pada khususnya dan seluruh Indonesia pada Umumnya. 

Pengadilan Negeri Bangkinang selalu optimis memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat dalam memperoleh keadilan hukum dengan “Sederhana, Melayani, Akuntabel, Responsif, Transparan” (SMART) dan Pasti Bisa.  

Oleh karena itu, Pada kegiatan kita juga mengadakan penandatanganan MoU atau kerjasama dalam bidang akademik dan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dalam akademik kita MoU Mahasiswa PKL (Magang) dan penelitian akademik. Sedangkan untuk MoU pembangunan Zona Integritas sebagai penilai eksternal pembangunan ZI. 

Dalam acara tersebut Dewa juga menyampaikan materinya tentang Tugas dan fungsi Pengadilan, persoalan remaja/anak (narkoba, sosial media, UU ITE), ZI Menuju WBK dan WBBM jenis layanan Pengadilan, aplikasi Eraterang ( Elektronik Surat Keterangan), Aplikasi PTSP online, Layanan Posbakum dan Aplikasi Posbakum online, serta juga menyampaikan prestasi-prestasi yang diraih oleh PN Bangkinang. 

Sementara itu Rektor Universitas Pahlawan (UP) Bangkinang Prof Dr Amir Luthfi, menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Bapak Ketua PN Bangkinang beserta rombongan di UP Bangkinang ini dalam acara silaturahmi dan sosialisasi serta penyuluhan layanan yang ada di PN Bangkinang. 

Untuk diketahui juga, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) Bangkinang beberapa minggu yang lalu juga mengadakan penandatangan MoU dalam rangka kolaborasi bidang tri dharma pendidikan tinggi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan pada hari senin kemaren kita juga bekerjasama dengan Aeres University of Applied Sciences, Netherland (Belanda). 

Rekto menjelaskan, Walaupun UP kita ini baru berumur lebih kurang 6 tahun, namun UP kita ini tidak kalah saing dengan universitas yang besar lainya, bahkan kita mungkin melebihinya dalam kerjasama-kerjasama. Sesuai dengan Visi kita "Menjadi Universitas Berkualitas dan Berorientasi Kewirausahaan di Asia Tenggara 2042,"ujarnya.

Acara tersebut berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Seluruh mahasiswa begitu antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh Ketua PN Bangkinang dan Bapak Ersin SH MH ( Hakim dan Humas PN) . Terlebih-lebih pada acara quis, yang memperebutkan doorprize dan hadiah-hadiah yang telah dipersiapkan oleh Panitia dari PN BangkinangBangkinang, yang kemudian diakhiri dengan foto bersama. (AGS/HAP)