Foto : Camat Kalidawir Ali Mochtar.

TULUNGAGUNG - Untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, Camat Kalidawir Ali  Mochtar menggalakkan Pam Swakarsa dengan sistem keamanan lingkungan di Kecamatan Kalidwir Kabupaten Tulungagung, Selasa (11/4/2023). 

Diaktifkannya Pam Swakarsa harus melalui pembahasan dahulu dengan Forkopimcam, Linmas Desa termasuk kepala Desa dan Paguyuban Pencak Silat se Kecamatan Kalidawir. 

"Kegiatan Pam Swakarsa menjelang Hari Raya Idul Fitri akan melibatkan Polsek, Koramil dan tim dari Kecamatan, Linmas dan pencak silat nantinya akan didirikan beberapa posko untuk tempat pantau," kata Ali Mochtar. 

menurut Ali Mochtar, untuk peningkatan kewaspadaan dari para petugas yang jaga, ada 5 titik pos pengamanan salah satunya di Desa Tunggangri guna pemantauan pasar biar tidak berjubel dan jalan umum tetap lancar. 

Selain itu, posko Pam Swakarsa juga didirikaj di depan kantor Kecamatan Kalidawir atau kemungkinan wilayah  pegunungan sekitar 4 atau 5 tempat posko Pam Swakarsa. 

Tujuan diaktifkannya kembali Pam Swakarsa adalah untuk menjaga ketertiban, keamanan, kenyamanan  wilayah Kalidawir , agar masyarakat luas bisa menikmati lebaran dan  masyarakat benar benar merasakan kenyamanan saat berkunjung di Kalidawir. 

"Setidaknya ada beberapa titik pemantau di tempat wisata, karena itu permintaan bantuan ke desa mengenai Pam Swakarsa yang melibatkan Linmas dan rekan rekan dari pencak silat," ujarnya. 

Kata Ali, keamanan dan kenyamanan pastinya juga akan dirsakan oleh PMI (Pekerja Migran Indonesia) sengaja pulang mudik lebaran di kampung halaman. 

Lebih spesifik, demi mewujudkan kesadaran masyarakat  menanggulangi munculnya gangguan keamanan (kriminal) dan ketertiban, pihaknya  segera berkoordinasi. (Indh).