Foto : Penjabat Bupati Kampar Dr. H. Kamsol., M.M hadiri Halal Bi Halal Khatib Adat Desa Koto Mesjid.

DESA KOTO MESJID - Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM hadiri Acara Halal Bi Halal Khatib Adat dengan masyarakat Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar, yang merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan seluruh elemen masyarakat.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar sangat mengapresiasi kegiatan yang telah sukses dilaksanakan oleh masyarakat Desa Koto Mesjid dalam memeriahkan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Acara Halal Bi Halal dengan masyarakat Desa Koto Mesjid ini sangat bermanfaat untuk memperkuat tali silahturrahmi antar umat muslim sekaligus sebagai salah satu cara dalam memperkokoh persaudaraan antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan masyarakat yang ada di desa," kata kamsol. 

Hal ini dalam rangka mewujudkan Kampar sebagai Negeri Serambi Mekahnya Provinsi Riau. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah semata, harus ada partisipasi dan dukungan semua pihak, baik itu tokoh agama, tokoh adat, ninik mamak, alim ulama dan tokoh-tokoh lainnya terkhusus masyarakat Kabupaten Kampar sendiri.

Momen Halal Bi Halal ini dapat juga sebagai perwujudan dukungan kepada Program yang telah diterapkan Pemerintah Kabupaten Kampar, yakni peduli tetangga, jalinan silaturrahmi dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah. 

Dengan Peduli terhadap tetangga kita dapat mengetahui segala apa kekurangan dan apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, sehingga segala permasalahan di tengah-tengah masyarakat seperti kemiskinan ekstrim dapat segera diselesaikan dan terselaikan dengan baik dan tepat.

Penjabat Bupati Kamsol, menyebut angka kemiskinan di Kabupaten Kampar hanya sekitar 6 persen lebih. Sementara warga Kampar yang mampu mencapai 93 persen lebih.

Kata dia, saat ini ia tengah fokus menuntaskan angka kemiskinan ekstrim di Kabupaten Kampar

Kamsol pun mengungkapkan saat ini ia juga tengah penggalakkan program peduli tetangga. Ia ingin bagaimana seluruh warga bisa peduli, melihat serta membantu tetangga di sekitarnya yang tengah kesusahan. 

Kamsol pun menyitir surat Al Ma'un yang menjelaskan buruknya sifat tidak peduli pada orang miskin. 

Berikut ayat surat Al Ma'un yang disitir Kamsol dalam acara Halal Bi Halal Khatib Adat Di Desa Koto Mesjid
اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ
1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَ
2. Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,
وَلَا يَحُضُّ عَلٰي طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ

3. dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.
(Redaksi)