Foto : Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Tulungagung Makrus Manan saat di ruang kerja.

TULUNGAGUNG - Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tulungagung sudah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) tahap 1 kemarin pada hari Jumat (5 Mei 2023).

Pada musim haji 2023 dengan mengangkat tema," Haji Ramah Lansia", seperti yang dimaksud Kemenag tidak membatasi usia, karena usia berapapun kalau memang sudah waktunya sesuai yang dijadwalkan pastinya akan diberangkatkan ke tanah suci.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Tulungagung Makrus Manan, Selasa (9/5/2023) di Ruang Kerjanya.

Adapun pelunasan tahap kedua BIPIH diperpanjang sampai hari Jumat tanggal 12 Mei 2023 mendatang. 

Disampaikan Makrus Manan, berdasarkan data dari Kemenag Kabupaten Tulungagung, calon jemaah haji (CJH) yang sudah melunasi sampai hari ini sebanyak 1048 orang.

Sebelumnya, ada peningkatan jumlah jemaah yang melunasi setiap harinya,"ini menunjukkan kesadaran calon jemaah haji di Kabupaten Tulungagung cukup tinggi,” imbuh Kepala Bagian Kesra. 

Kata Makrus, Untuk tahun 2023 ini, jemaah yang berangkat ke tanah suci ada 1048 orang dari 1264 kuota, diantaranya 76 orang CJH lansia, dari 1048 sampai tanggal 5 Mei 2023. 

Lebih lanjut, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Tulungagung Makrus Manan berharap kepada calon jemaah haji Kabupaten Tulungagung yang sudah melunasi biaya perjalanan hajinya tahun ini semuanya akan diberangkatkan.

Terkait besaran biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) Kabupaten Tulungagung sebesar Rp 55.928.458 dengan biaya pendaftaran Rp 25 juta, maka jemaah melakukan pelunasan BIPIH sekitar Rp 30.928.458 juta.

Kata dia, info awal yang saya terima bahwa kloter pertama berangkat tanggal 24 Mei 2023, sedangkan kloter dari Kabupaten Tulungagung belum dapat dipastikan karena menunggu informasi lebih lanjut. (Indh).