Foto : Ardo bersama pengurus lainnya serahkan dokumen fisik pendaftaran bakal calon legislatif ke KPUD Kabupaten Kampar, Sabtu 13 Mei 2023.

KAMPAR - Partai Demokrat Kabupaten Kampar mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar, Sabtu (13/5/2023).

Rombongan Demokrat bertolak menuju gedung KPU dari kantor Dewan Pimpinan Cabang yang beralamat di Jalan Prof. M Yamin SH Bangkinang kota. Sebelum berangkat, bakal calon anggota dewan bersama pengurus partai melakukan do'a bersama di depan kantor demi keberkahan ikhtiyar politik yang mereka laksanakan.

Berkas pendaftaran 45 bakal calon legislatif Demokrat diantar langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang, Rahmad Jevary Juniardo atau Ardo bersama para bakal calon anggota dewan, baik wajah baru maupun para bakal calon dari petahana.

Pengantaran formulir fisik 45 bakal calon legislatif Demokrat ini berbeda dari partai-partai lain di Kampar. Bakal calon legislatif partai besutan AHY ini diantar langsung oleh perwakilan masyarakat. Hal ini disebut sebagai wujud dari orang-orang yang mencalon jadi anggota dewan di Demokrat benar-benar berasal dari aspirasi rakyat dari masing-asing daerah pemilihan.

"Hari ini, Sabtu 13 Mei 2023, kami atas nama masyarakat mendaftarkan petugas rakyat sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Kampar untuk periode 2024-2029," ujar salah seorang perwakilan masyarakat yang ikut mengantar bakal calon legislatif Demokrat.

Pantauan di halaman gedung KPUD Kampar, para bakal calon anggota dewan Demokrat diantar oleh perwakilan tukang parkir lengkap dengan atribut rompi oranye dan peluit. Kemudian juga ada perwakilan nelayan dengan atribut alat tangkap ikan berupa jaring dan pukat. Kemudian ada petani dengan membawa cangkul dan ubi.

Kemudian juda ada perwakilan para buruh panen sawit atau disebut tukang dodos atau tukang egrek serta ada para pedagang kakilima dan UMKM lainya.

"Bismillah, kami antarkan calon-calon wakil kami yang nantinya akan berjuang membawa aspirasi kami di DPRD. Semoga kalian amanah," ujar perwakilan tokoh masyarakat sembari melepas bakal caleg masuk ke gedung KPU.

Ardo kepada para wartawan usai mendaftar mengatakan, partainya dengan ini siap mengikuti rangkaian dan tahapan pemilihan umum tahun 2024. Ia pun menyatakan, 45 calon legislatif Demokrat siap bertanding dengan optimis, sportif serta akan tunduk pada regulasi yang ada.

"Alhamdulillah, kami dari Partai Demokrat siap mengikuti proses dan tahapan demi tahapan pemilu 2024. Para caleg kami akan tunduk pada regulasi," ujarnya.

Kata dia, komposisi bakal calon legislatif partainya terisi 100 persen atau dengan jumlah 45 orang bakal calon. Kemudian sebut dia, komposisi keterwakilan perempuan 30 persen juga terpenuhi 100 persen. 

"Dengan rincian, dari 45 jumlah keseluruhan, 15 diantaranya adalah perempuan. formasi kita ful terisi 100 persen," imbuh Ardo.

Ia juga menjelaskan, komposisi keterwakilan kalangan muda atau kaum milenial juga hampir 50 persen. Ini lanjutnya, sebagai wujud Demokrat mengakomodir aspirasi kaum muda.

"Komposisi kalangan muda milenial jiga hampir 50 persen. Kita berharap, perwakilan milenial ini dapat memperjuangkan aspirasi kaum muda di legislatif nantinya," ucap Ardo.

Ardo juga menyampaikan, target partai pada pemilihan legislatif kali yaitu mampu meraup 8 kursi. 

"Target kita dapet meraih 8 kursi. Syukur-syukur bisa 10 kursi. Insyaallah," tutur ayah satu anak.

Di halaman gedung KPU, Partai Demokrat juga menghadirkan jajanan gratis bagi masyarakat. Ada gerobak air tebu gratis, ada bakso bakar tusuk gratis serta ada jajanan pentol telur yang juga gratis. Jajanan UMKM ini terlihat ludes diserbu masyarakat, bahkan banyak yang memesan jajanan ini pendukung partai lain.(NAZ)