Foto : Kepala sekolah SMKN 2 Tulungagung  Endah Susilowati, M.Pd. lepas 12 siswanya kerja di PT SIS Kalimantan Selatan.

TULUNGAGUNG - Keunggulan siswa SMKN 2 Tulungagung tak perlu diketahui ragukan, hampir setiap tahun setelah kelulusan sudah diterima kerja. Hal ini sebagai bukti dunia industri perusahaan sangat mempercayai siswa SMKN 2 Tulungagung, Rabu (21/6/2023).

Kemitraan tersebut berkat peran 6 bursa perusahaan telah mengetahui kualitas SMKN 2 Tulungagung yaitu PT Hillicon, PT Pama Persada Nusantara, PT Sapta Indra Sejati ( SIS), PT Kalimantan Prima Persada, PT Ascet dan PT Mahdani Tlatah Nusamba.

12 Siswa yang diterima bekerja oleh PT Sapta Indra Sejati ( SIS) di Kalimantan Selatan (Kalsel), dilepas oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Tulungagung, Endah Susilowati, M.Pd. Pada hari Senin (19/6/2023) dini hari.

Mewakili Kepala Sekolah, Amanu selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 Tulungagung bidang humas mengungkapkan, Sebelumnya anak anak kami sudah ada yang bekerja disana, dari pihak SIS dari Jakarta datang ke sekolah untuk mengadakan rekrutmen khusus jurusan teknik alat berat.

Dijelaskan Amanu kepada suaramuda, pada sesi pertama sudah menjaring 140 siswa, setelah itu di adakan wawancara tahap dua di ambil separonya yakni 70 anak , kemudian di lakukan lagi wawancara dan Medical Check Up. Ternyata yang masuk hanya. 12 anak diterima oleh PT Sapta Indra Sejati berada di Kalimantan Selatan.

Kata dia, yang diterima oleh PT SIS merupakan siswa kelas XII lulusan tahun 2023 dah baru saja melaksanakan wisuda yang ijasahnya belum keluar tapi mereka sudah bekerja.

Kepada masyarakat, dia berpesan jika SMKN 2 Tulungagung memiliki jurusan unggulan teknik alat berat yang banyak terekrut oleh industri industri besar di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Amanu berharap, PT SIS yang berkembang di bidang industri pertambangan, tahap ke dua dari sisa siswa kemarin untuk diadakan lagi termasuk wawancara ,sehingga mereka bisa menyusul teman temannya meski tak ditempatkan di Kalimantan Selatan. 

Sebelum bersaing di dunia kerja, bekal yang disiapkan siswa SMKN 2 Tulungagung untuk masuk kelas industri mulai kelas III, bahkan semua jurusan sudah dibekali pelatihan bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang akan memasuki dunia kerja serta menjadi tenaga produktif yang siap dipakai.

Penulis : Gusti Indah