Foto : seleksi asesmen  sekda Kampar disebut akan selenggarakan di akhir bulan juli ini.

Suramuda.com - Lelang jabatan Sekda Kampar disebut akan diselenggarakan di akhir bulan ini. Beberapa nama diprediksi akan mengikuti proses asesmen sebelum dipilih satu dari mereka yang akan dilantik secara defenitif.

Di antara pejabat yang paling berpeluang mengisi posisi Sekda Kampar menurut seorang sumber, yaitu seorang wartawan Kampar yang lebih banyak berada di Pekanbaru, adalah Zulkifli Syukur yang kini menjabat sebagai Kabag Kesra Provinsi Riau. Berdasarkan kompetensi yang dimilikinya, Zulkifli pun ia prediksi akan dengan mudah melewati proses asesmen.

Menurut dia, Zulkifli dinilai cukup cakap menjadi Sekda Kampar, selain berpengalaman, Zulkifli Syukur diklaim juga akan sangat bisa diandalkan dalam membantu kerja Pj Bupati Firdaus.

Mengingat, katanya, Zulkifli memiliki pengalaman mumpuni serta memiliki jam terbang yang banyak untuk memegang jabatan level sekda. Zulkifli pun disebutnya memiliki keunggulan dari yang lain, yaitu memiliki hubungan yang cukup baik dengan berbagai elemen penting di Kampar. 

Zulkifli lanjutnya, dikenal dekat dengan kalangan agama di Kampar. Seperti MUI, ormas keagamaan lainnya seperti Muhammadiyah dan elemen keagamaan penting lainnya. 

Di samping itu, Zulkifli ia nilai dekat dengan kalangan mahasiswa dan pelajar Kampar yang biasa vokal. Dia juga dianggap dekat dengan tokoh-tokoh adat.

"Kan selama ini, elemen keagamaan dan adat cukup berperan dalam roda pemerintahan di Kampar. Dan Bang Zulkifli itu dekat dengan kalangan agama di Kampar. Hal itu cukup membantu lah dalam hal menjembatani komunikasi Pj dan kaum agamawan dan adat di Kampar bisa semakin baik," ucapnya, Kamis (20/7/2023).

Sebelumnya, Forum Pemuka Masyarakat Kampar menolak keberadaan pejabat "import" dalam penyusunan 13 OPD yang akan segera dilelang dalam waktu dekat, termasuk posisi sekda.

Sikap itu apakah berkaitan dengan mencuatnya nama Zulkifli Syukur di bursa jabatan Sekda Kampar?

Eka Sumahamid telah menegaskan, Forum Pemuka Masyarakat Kampar yang ia gagas bersama beberapa tokoh bukan untuk menjegal orang tertentu untuk menjabat posisi tertentu termasuk posisi Sekda Kampar.

Kata dia, pihaknya memang kan mengawal proses lelang jabatan di 13 OPD di akhir bulan ini yang akan diselenggarakan oleh Pj Bupati Firdaus, termasuk di dalamnya lelang jabatan sekda.

Kata Eka, siapa saja, boleh menjabat, asalkan lewat proses asesmen yang transparan, profesional dan akuntable.

Forum lanjut dia, tak akan menggiring satu nama dan pejabat tertentu. "Kita hanya akan beri kriteria. Kalau pun kita usul nama, akan ada beberapa orang. Pada intinya kita beri spek, bukan merek," sebut Eka.(NAZ)