Foto : Warga Gang Sayang merdeka tanpa narkoba gandeng BNN Kabupaten Tulungagung dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Suaramuda.com - Dalam Rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemuda Harapan Bangsa (PHB) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung menggelar jalan sehat anti narkoba di RW 2 Lingkungan 3 Kelurahan Bago, Kecamatan Kota Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Minggu (27/8/2/2023).

Kegiatan jalan sehat yang diikuti ratusan peserta tersebut bertajuk " Warga Gang Sayang Merdeka Tanpa Narkoba" bekerjasama dengan BNN dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), salah satu bentuk dukungan dalam mewujudkan Kelurahan Bago Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Ketua Pemuda Harapan Bangsa Nanang Gundul mengatakan, kegiatan jalan sehat warga gang sayang ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran agar tidak lelah saat beraktifitas sehari hari.

Selanjutnya, sosialisasi oleh BNN tentang bahaya penyalahgunaan narkoba diharapkan para generasi muda yang menamakan pemuda harapan bangsa (PHB) menolak dalam bentuk apapun penyalahgunaan narkoba.

Kata dia, Mencoba atau mencicipi narkoba itu sama halnya menjemput kematian, mematikan masa depan dan mati harapan bangsa. Bersyukur tadi ada beberapa warga ikut tes urine, sedangkan hasilnya semua negative. Ini menandakan jika seluruh warga di sini benar benar bersih dari narkoba. Mari ciptakan gang sayang Kelurahan Bago menjadi lingkungnan Bersinar.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Tulungagung Rose Iptriwulandhani melalui Penyuluh narkoba ahli muda Anggoro Ragil Arianto mengapresiasi kegiatan jalan sehat anti narkoba di RW 2 gang sayang yang di dukung oleh pemerintah Kelurahan Bago dalam upaya perang melawan narkoba (Wae On Drugs) sekaligus memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke-78 melalui kegiatan olah raga bersama dalam bentuk jalan sehat warga gang sayang merdeka tanpa narkoba.

Disebutkan, Perang melawan narkoba (Wae On Drugs) merupakan semboyan yang digaungkan BNN dalam upaya menangani kondisi darurat narkoba di Indonesia. Semboyan ini diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk olahraga .

"Mari kita tingkatkan ketahanan diri dan kesadaran untuk ikut serta dalam perang melawan narkoba, mari kobarkan semangat nasionalisme, untuk terus melaju mewujudkan Indonesia maju. Antusias warga dalam pelaksanaan tes urine yang dilakukan 5 orang sampling, alhamdulilah dengan hasil semuanya negative,"ucap Angga. (Indh).