Foto : Selesai acara syukuran foto bersama Veteran dan PIVERI.

Suaramuda.com -  Syukuran dalam rangka  peringatan Veteran Nasional, Dengan jiwa semangat serta mensukseskan Pemilu 2024 dan konsisten untuk melanjutkan pembangunan  nasiona, bersamaan dengan HUT PIVERI Ke- 58  dengan tema " PIVERI satukan langkah melanjutkan jiwa semangat juang 45 dalam kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan Veteran", sebagai sejarah bahwa kemerdekaan Republik Indonesia ( RI) diperjuangkan anak anak bangsa.

Dua kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Keluarga Besar ABRI (KBA) Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Kota Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Kamis (10/8/2023)

Ketua Veteran Kabupaten Tulungagung Murdi menyampaikan, setelah mengikuti ziarah disertai tabur bunga di Taman Makam Pahlawan  kemudian di lanjutkan dengan syukuran di kantor KBA yang  diawali santunan kepada 15  anak yatim.

" Jika nantinya ada pergantian pimpinan daerah diharapkan LVRI dapat perhatian termasuk kesejahteraannya. Karena selama ini Veteran diabaikan oleh pemerintah Tulungagung. Seharusnya hari besar Veteran Nasional ini diadakan upacara, menjadi kebanggaan kami, tapi dari sekian tahun belum pernah ada, sehingga yang kita gelar  sesederhana ini,"ujarnya.

Disebutkannya, untuk anggaran kegiatan Hari Veteran diambil dari organisasi dan sebagian dari iuran anggota. Lantaran ada beberapa anggota memiliki tunjangan mereka berpartisipasi membantu kelancaran kegiatan.

Jumlah veteran di Tulungagung  ada 116 orang, janda veteran ada 43 oran.  Untuk janda veteran masih dalam binaan LVRI , bagi yang punya suami masih tergabung  dalam PIVERI, sedang untuk jandanya tergabung pada  LVRI.

Untuk itu, pada peringatannya kami para veteran mengajak para generasi muda agar tumbuh dalam diri memiliki jiwa kebangsaan dan semangat patriotisme sebagai bekal sebab dari generasi generasi muda inilah bisa menjadi  calon pemimpin bangsa di  masa yang akan datang 

Di tempat yang sama Ketua PIVERI Kabupaten Tulungagung Sutrini Murdi menyatakan, perjuangan istri istri veteran di Tulungagung tak kalah beratnya dengan perjuangan para suami yang sudah mengemban tugas untuk berjuang membela negara di medan perang.

"Dalam melakukan kegiatan walaupun  anggarannya terbatas, namun peranan ibu ibu tetap konsisten untuk selalu memegang teguh terhadap nilai nilai juang tahun 45,"imbuhnya.

Ada beberapa jenis Veteran  Republik Indonesia yang ditentukan berdasarkan peristiwa keveteranan  yaitu, Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.
Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia, Veteran Perdamaian Republik Indonesia, dan Veteran Anumerta Republik Indonesia. (Indh)