Foto : Tamaruddin S Pdi, Ketua DPD PKS Kabupaten Kampar

Jelang akhir tahun 2023 ini, kami redaksi suaramuda.com menerbitkan profil para kandidat Bupati Kampar 2024. Rubrik seri kandidat bupati ini dibuat dalam rangka menyongsong tahun politik akbar 2024 yang di dalamnya ada pileg, pilpres, pilkada dan pilgubri.

Tentu banyak kandidat yang memiliki niat serta peluang untuk maju pada pilkada di November 2024 nanti. Namun kami hanya akan menerbitkan profil mereka yang paling berpeluang saja. Salah satu tolak ukur riil soal peluang tentulah adanya dukungan partai politik atau sampan politik.

Salah satu yang sangat berpeluang maju dan mungkin akan terpilih adalah Tamaruddin, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kabupaten Kampar yang sekaligus anggota DPRD Provinsi Riau hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhum Ardiansyah yang akan segera dilantik dalam waktu dekat ini.


Tamaruddin, lahir di Salo, 12 Februari 1979. Ia lahir dari ayah yang seorang petani karet dan juga dikenal sebagai guru ngaji di desanya.

Jika dipercaya masyarakat jadi Bupati Kampar, menurut Tamar, ada tiga hal utama yang akan jadi prioritas program kerjanya di 2 tahun pertama.

Pertama, kata dia, penataan birokrasi berbasis kompetensi. Kedua, sebutnya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ketiga, lanjut dia pemberdayaan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia beralasan, birokrasi berbasis kompetensi akan membuat berjalannya roda pemerintahan dengan baik, tupoksi tepat sasaran.

Alasannya menjadikan UMKM sebagai program kedua prioritas, sebab menurutnya, bila UMKM berdaya akan mampu menopang ekonomi daerah.

"Ketiga, kantong-kantong kemiskinan itu ada di desa. Jika potensi desa tergali dengan baik bisa berdampak kepada peningkatan kesejahteraan dan mampu menekan angka kemiskinan," terang ayah tiga anak, mantan aktivis dakwah kampus ini.-***