Foto : Plt Camat Besuki ke lokasi perhutani  Desa Sedayugunung

Suaramuda.com - Musim kemarau panjang yang terjadi ngrow di Kabupaten Tulungagung saat ini dapat menyebabkan kekeringan air dan potensi kebakaran. Plt Camat Besuki Imam Makrus mengantisipasi atau mencegah bencana kekeringan ataupun kebakaran, Kamis (7/9/2023).

"Saya terus berkoordinasi dengan seluruh kepala desa bilamana terjadi bencana kekeringan dan kebakaran. Untuk air bersih di daerah Besuki masih aman, namun tetap antisipasi. Ada beberapa masyarakat telah melakukan pengeboran salah satunya Desa Besuki. Untuk Desa Sedayu gunung masyarakat menggunakan HIPAM dengan debit air cukup untuk kebutuhan sehari hari," ujar Imam Makrus. 

Sebelum kemarau, para kepala desa terlebih dulu melakukan penghijauan dengan cara penanaman pohon di titik titik sumber air di daerah pegunungan. 

Adapun daerah krisis air yang perlu diperhatikan yaitu di Desa Besole, Desa Besuki, dan Desa Sedayugunung. Karena itu, masyarakat diharap agar bisa memanfaatkan air seperlunya saja, seperti untuk mandi, masak dan mencuci.
 
Kata Imam, Adapun sumber air dari sungai di lahan pertanian di bangun untuk mengantisipasi kekeringan, dengan begitu petani padi bisa bercocok tanam meski terancam kekeringan. 

Di daerah Besuki, dalam keadaan musim kemarau tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan kebakaran, sebab itu ia mengajak warga supaya saling menjaga lingkungan, menjaga lahan. Bagi yang merokok diminta tidak asal membuang putung rokok guna menghindari kebakaran. 

Terpisah, Kepala Desa Sedayugunung Zainal Arifin menuturkan, sampai saat ini Desa Sedayugunung untuk kebutuhan air minum tidak ada masalah. "Mudah mudahan nanti sampai datangnya musim hujan kebutuhan air minum tetap tercukupi,"pintanya.

Pada musim kemarau antisipasi bencana kebakaran, Kami melalui lembaga masyarakat hutan ( LMH) kaitannya menggarap hutan, sejak awal pembentukan setiap akhir tahun bahwa dalam hal pengelolaan hutan harus berhati hati memenuhi segala persyaratan dan aturan, biar dikemudian hari dapat mewariskan ke anak cucu. Keadaan bumi yang masih baik tidak seperti mementingkan kepentingan sesaat. 

Akibat El Nino yang berdampak pada musim kemarau, terjadi kekeringan seperti sekarang ini sangat luar biasa. "Kalau pun ada program dari pemerintah pusat, Provinsi ataupun Kabupaten terkait kekeringan dan berhubungan dengan pangan bisa disalurkan ke Desa Sedayugunung yang berdampak akibat kekeringan, tapi selama ini dirasakan masih aman,"imbuh Arifin. (Indh).