Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno

Suaramuda.com - Pemkab Tulungagung menggelar momen istimewa Upacara bendera dalam rangka peringatan HUT ke-78 Provinsi Jawa Timur, dengan tema, "Jatim Bangkit Terus Maju"di halaman Kantor Bupati Tulungagung,  Kamis (12/10/2023).

Dalam peringatan HUT Propinsi tersebut, PJ Bupati Heru Suseno membacakan amanat dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Perlunya kerja keras dan etos kerja yang baik, agar bisa membawa Provinsi Jawa Timur semakin maju kedepannya, sesuai dengan logo Pemprov Jawa Timur, yakni Jer Basuki Mawa Beya.

Yang perlu ditekankan adalah, pentingnya peran pemuda yang mampu bergerak cepat, sat set wat wet, untuk menjadi game changer, sehingga bisa membawa perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Disebutkannya, capaian Pemprov Jawa Timur sendiri cukup menarik dan tak main-main. Seperti capaian provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak se Indonesia.

Adapun rinciannya yakni, 2.800 desa mandiri, 3.674 desa maju, dan 1.247 desa status berkembang. Di mana Pemprov Jawa Timur menyumbang 24,4 persen desa mandiri di Indonesia.

Dari jumlah itu, Heru mengakui kabupaten Tulungagung menyumbang 51 desa mandiri dan 174 desa maju.

" Kita yakin dengan intervensi yang baik dari pemkab dan pihak kecamatan, jumlah desa maju akan semakin bertambah di Kabupaten Tulungagung," ucapnya.

Hal yang menjadi perhatian, capaian Pemprov Jawa Timur dalam menekan angka miskin ekstrim di wilayahnya. Di mana angka miskin ekstrim di Tulungagung adalah nol persen.

Begitu pula dengan capaian prosentase stunting di kabupaten Tulungagung diharapkan terus mengalami penurunan, yang saat ini ada di kisaran 17 persen menjadi 13 persen. (Indh).