Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno saat memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga Kecamatan Sendang

Suaramuda.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberikan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat kategori rentan miskin ekstrim dan masyarakat rentan miskin ekstrem di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Rabu (18/10/2023).

Untuk mengurangi beban ekonomi, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno turun langsung memberikan bantuan berupa paket sembako kepada 88 warga lansia dan 110 warga Kecamatan Sendang yang masuk dalam data rentan miskin ekstrim.

"Permasalahan sosial merupakan permasalahan yang ada sejak jaman dulu sampai sekarang. Permasalahan ini datang dengan berbagai wujud yang dapat kita lihat dan kita rasakan dikehidupan kita sehari-hari seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, dan kedisabilitasan," ucap Heru Suseno.

Dalam menangani permasalahan tersebut, diperlukan peran serta semua pihak baik itu dari tingkat bawah sampai tingkat atas, dari pemerintahan desa sampai pemerintahan pusat, sebagaimana pelaksanaannya melibatkan peran serta masyarakat yang di support oleh pilar sosial dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Sebagai wujud kepedulian dan upaya pemerintah dalam menangani masalah sosial tahun 2023 ini, telah melakukan berbagai program diantaranya, bantuan langsung tunai DBHCHT senilai 12,8 Milyar untuk 9.200 orang selama 7 bulan, bantuan langsung tunai rentan miskin ekstrim senilai 1,5 Milyar untuk 840 orang selama 9 bulan.

Selanjutnya, bantuan lansia senilai 315 juta untuk 175 orang selama 9 bulan, bantuan Alat Bantu Disabilitas senilai Rp.100 juta untuk 39 orang, dan beberapa program lainnya.

Tentu saja itu semua belum cukup mengakomodir warga Tulungagung. Alhamdulillah di tahun 2023 ini, support dari pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan berbagai program yaitu, Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) untuk 122 orang Dan Alat Bantu Disabilitas sebanyak 20 orang, bantuan sosial Kelompok usaha bersama (Kube) untuk 100 orang, dan Zakat Produktif Untuk pengusaha ultra Mikro sebanyak 100 orang. (Indh).