Foto : Prof Dr H Khairunnas Rajab ucapkan Selamat Jalan kepada Prof Dr Hasbullah.

Suaramuda.com - Kabar duka datang dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof Dr Hasbullah MSi meninggal dunia, Selasa (17/10/2023).

Kepergian orang nomor satu di LPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, kerabat, dan para koleganya. 

Prof Hasbullah merupakan sosok pendidik yang baik, ramah, dan penuh talenta. Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof Dr H Khairunas Rajab MAg. “Saya dan kita semua merasa kehilangan, sumber daya manusia yang bertalenta tinggi, penuh gagasan sehingga kepergian yang bersangkutan meninggalkan duka bagi institusi ini,” kata Prof Khairunnas dengan penuh duka. 

Prof Hasbullah disebut sebagai insan akademik sejati, yang telah mendedikasikan dirinya pada ilmu pengetahuan, pembelajaran, dan penelitian. “Almarhum tidak hanya mengejar pengetahuan untuk tujuan akademik semata, namun tetap memegang teguh nilai-nilai etika akademik itu sendiri, seperti integritas, objektivitas, dan kejujuran dalam semua aspek pekerjaannya, inilah yang membuat kita merasa kehilangan dengan sosok beliau,” ujar Prof Khairunnas.

Di samping itu, Prof Hasbullah tipikal pengajar yang berkomitmen tinggi untuk menyebarkan pengetahuan, mendukung pertumbuhan ilmiah, dan berkontribusi pada perkembangan masyarakat melalui penelitian, pengajaran, dan layanan akademik. “Almarhum banyak terlibat sebagai periview berbagai macam jurnal, pemberi kuliah umum, dan yang paling melekat di benak saya adalah selalu tampil ke depan dengan ide-idenya yang cemerlang,” kata Rektor.

Prof Dr Hasbullah dilahirkan di Bukit Batu pada tanggal 18 Desember 1972. Sosok humanis ini dikenal sejak menapaki karirnya sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Prof Hasbullah telah menorehkan berbagai pencapaian selama menjalankan tugasnya sebagai pejabat fakultas. Atas prestasi tersebut, Prof Dr Khairunnas Rajab mempercayakan kepemimpinan Lembaga Penjaminan Mutu kepadanya.

Riwayat pendidikannya, pada tahun 1996 lulus Program Sarjana dari Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau. Selanjutnya, pada tahun 2001 Hasbullah menamatkan Pendidikan S2 nya dari Universitas Padjajaran Bandung, pada tahun 2013 Hasbullah berhasil meraih gelar Pendidikan tertinggi, Doktor Antropologi Agama dari Universiti Malaya Kuala Lumpur.

Selama menjadi dosen, Prof Dr Hasbullah mengampu Mata Kuliah Sosiologi, Hubungan antar Etnis, dan mata kuliah lainnya sesuai dengan bidang ilmu yang digelutinya. Selain itu, Hasbullah juga piawai dalam menghasilkan karya tulis, baik artikel dalam bentuk jurnal maupun dalam bentuk buku.

Pemilik akun Google Scholar “Hasbullah” telah mencatatkan karya tulisnya ke laman https://scholar.google.co.id/ sebanyak 45 karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah dengan judul Ritual Tolak Bala pada Masyarakat Melayu (Kajian pada Masyarakat Petalangan Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan) telah dikutip lebih dari 45 kali. Atas prestasi ini, Prof Dr Hasbullah sering dimintai sebagai reviewer dari berbagai jurnal yang sebidang ilmu dengannya. Selamat jalan Prof Dr Hasbullah SAg MSi, damai lah bersama Nya. (Sadarman).