Foto : Pengurus Daerah (PD) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Riau (Unri) periode 2022-2026.

Suaramuda.com - Pengurus Daerah (PD) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Riau (Unri) periode 2022-2026 resmi dikukuhkan oleh Ketua Harian Pengurus Pusat (PP) IKA Unri Dr Elfizar, M. Kom di aula rumah dinas Bupati Kampar, Sabtu (14/10/2023). 

Dewan Pengurus PD IKA Unri Kabupaten Kampar periode 2022-2026 yang dipimpin Drs H Yusri, M.Si Datuk Bandaro Mudo dan Sekretaris Muhammad Riza, SE. Ketua Panitia Pengukuhan PD IKA Unri Dr Hj Molly Wahyuni, S.Si, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Dewan Pengurus PD IKA Unri yang dikukuhkan 
berjumlah sebanyak 65 orang. Selain pengukuhan Dewan Pengurus, juga ikut dikukuhkan Dewan Penasehat, Dewan Pakar dan Dewan Pertimbangan. 

Molly yang juga merupakan akademisi dan wartawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan pelantikan ini, termasuk kesediaan pihak Unri melakukan MoA dengan sejumlah sekolah tingkat SLTA di Kabupaten Kampar. 

Turut hadir pada acara pengukuhan ini Penjabat Bupati Kampar yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Ramlah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri Dr Hermandra, SPd, MA, Sekretaris Ukum IKA Unri Aiden Yusti, sejumlah pengurus PP IKA Unri, sejumlah pejabat Pemkab Kampar, pengurus PD IKA Unri Kabupaten Pelalawan dan Kuantan Singingi, sejumlah kepala sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). 

Pj Bupati Kampar yang diwakili Pj Sekda Kampar Ramlah berharap IKA Unri dapat berbuat dan berkarya sesuai bidang masing-masing demi memajukan daerah Kampar.  

Ia mengungkapkan, pendidikan adalah tanggung jawab bersama, baik pemerintah dan swasta. Kampar membutuhkan sinergitas dan kebersamaan setiap elemen yang ada untuk mewujudkan Kampar sebagai Serambi Mekkah. 

Rektor Unri yang diwakili Wakil Rektor III Dr Hermandra, SPd, MA menyampaikan, IKA Unri merupakan wajah terdepan Unri di tengah masyarakat. PD IKA Unri diharapkan menjadi pioner dan berperan mempromosikan Unri di masyarakat. 

Ia menambahkan, jika PD IKA Unri Kampar terbentur ide, Unri siap memberikan dukungan karena Unri banyak memiliki SDM di kampus. Saat ini ada 1.280 orang dosen, 800 orang staf, 112 orang profesor dan ada sebanyak 12 orang calon profesor yang akan dikukuhkan pada Tanggal 1 November. 

Unri juga memiliki 120 ribu orang alumni dan 34 ribu mahasiswa aktif. “Maka tak mengherankan 60 persen di Pemkab Kampar adalah alumni Unri. Maka wajar kebijakan pemerintah daerah berpihak kepada Unri. Almamater harus kita dukung karena kita tak lepas dari situ,” ulasnya.

Hermandra menegaskan, 
Unri sangat mengharapkan kontribusi dari para alumni baik yang duduk di pemerintahan maupun di berbagai bidang lainnya. Ia mencontohkan ada suatu bangunan yang dibuat oleh alumni seperti Institut Teknologi Bandung. Beberapa ruangan di bangunan itu namanya dari nama para alumni yang membangunnya atau dari nama perkumpulan alumni. 

Sementara itu Ketua Harian IKA Unri Elfizarmenyampaikan, pengukuhan PD IKA Unri Kampar merupakan pengukuhan PD IKA yang ketujuh di Riau. Hanya dua daerah yang belum terbentuk kepengurusan di tingkat daerah, yaitu di Kabupaten Rokan Hulu dan Dumai. 

Ia mengungkapkan, IKA Unri sudah ada dari dulu namun pengurusnya jarang aktif. Pada periode kepengurusan sekarang di bawah pimpinan Wan Muhammad Hasyim pengurus bertekad lebih aktif lagi menjalankan program kerja yang telah disepakati. 

Kepada PD IKA Unri Kabupaten Kampar ia mengaku sangat optimis dengan pengalaman manajerial Yusri pengurus IKA Unri Kampar lebih melejit dan bisa menyaingi kepengurusan PD IKA lainnya. 

“Menjadi pengurus di IKA Unri banyak tantangan tapi dengan kekompakan dan sinergi semua program kerja bisa tercapai. Kami mengajak sumbangsih para alumni demi kemajuan daerah, provinsi dan negara,” ulasnya. 

Sementara itu Ketua PD IKA Unri Kabupaten Kampar H Yusri dalam sambutannya mengatakan, banyak alumni Unri di Kabupaten Kampar yang harus diperhatikan. 

Ia menambahkan, kompetisi di Kampar cukup tinggi dari berbagai sisi. Baik sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik, apalagi sejak adanya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. 

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar ini berharap kedepan Unri membuka salah satu cabang perguruan tinggi di Kampar. “Prodi doktor misalnya. Apalagi kalau transportasi kita sudah lancar. Kita 
Berharap Kampar di samping pertumbuhan ekonominya bagus, berharap juga Kampar jadi sentra pendidikan,” beber Yusri. 

Selanjutnya Yusri mengungkapkan, pada saat pengukuhan PD IKA Unri ini dilaksanakan penandatangan memorandum of agreement (MoA) antara Unri dengan sejumlah kepala sekolah menegah atas di Kabupaten Kampar. 

Yusri juga mengungkapkan, Kampar telah memiliki banyak perguruan tinggi yang hebat. Ia juga berharap anak-anak Kampar bisa bisa berkompetisi masuk perguruan tinggi negeri favorit. “Maka kami mendorong, dengan kompetisi murni sangat sulit, maka ada kerjasama yang dilakukan IKA Unri Kampar dengan Universitas Riau. Melalui MoA ini kita dorong,” ulasnya. 

Yusri mengaku sangat berat memegang organisasi IKA Unri karena dituntut sejauh mana memberikan kontribusi kepada masyarakat.***